Otomotif

Kenali Tanda Ban Motor Mulai Gundul, Tak Peka Bisa Celaka

16
×

Kenali Tanda Ban Motor Mulai Gundul, Tak Peka Bisa Celaka

Sebarkan artikel ini
Kenali Tanda Ban Motor Mulai Gundul, Tak Peka Bisa Celaka

Nadineworldwide.com – Salah satu komponen penting pada motor yakni ban. Komponen ini wajib diperhatikan sebelum pemotor melakukan perjalanan.

Ban yang tersebut baik harus memiliki daya cengkeram yang digunakan mumpuni agar keselamatan pemotor terjaga. Salah satu hal yang tersebut paling disorot ketika ban telah mulai gundul.

Ketika ban telah gundul, daya cengkeram ke aspal akan sedikit berkurang. Apalagi ketika dipakai berkendara pada musim hujan, pemotor berpotensi akan celaka.

Tak sampai disitu saja, waktu pengereman motor menjadi lebih tinggi lama dan juga meningkatkan kesempatan terjadinya tabrakan tinggi ketikga menggunakan ban gundul.

Oleh akibat itu, pemotor wajib tahu tentang ciri-ciri ban yang dimaksud sudah ada mulai gundul. Dilansir dari Suzuki Indonesia, terdapat dua tanda ban motor telah mulai gundul.

Ilustrasi ban motor lalu ban mobil. (Pixabay)
Ilustrasi ban motor serta ban mobil. (Pixabay)

Pertama, inovasi alur ban. Adanya pembaharuan pada alur atau tapak ban ini menjadi indikasi awal kalau ban sudah ada mulai gundul.

Cekungan yang terlihat jelas atau pola aus yang tersebut tidak ada merata dapat menjadi indikator awal bahwa ban mencapai batas usia pakai.

Lalu kedua, terdapat inovasi karakteristik berkendara. Ketika pemotor merasakan ada yang digunakan janggal ketika melakukan pengereman, bisa saja jadi ban sudah ada mulai gundul.

Ketika ban sudah ada mulai gundul, sebaiknya pemotor mengganti dengan yang dimaksud baru. Sudah berbagai toko ban yang dimaksud tersebar di dalam seluruh wilayah Indonesia, sehingga pemotor tak perlu waswas lagi ketika mengalami ban gundul.

(Sumber: Suara.com)