Berita

Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Keamanan

13
×

Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Keamanan

Sebarkan artikel ini
Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Ketenteraman

JAKARTA – Mahfud MD menyampaikan belasungkawa berhadapan dengan meninggalnya Salim Said. Salim Said wafat pada usia ke-80 tahun pada waktu sedang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ibukota Indonesia Pusat pada Hari Sabtu malam, 18 Mei 2024.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Telah wafat Prof. Salim Said, Hari Sabtu malam, 18/5/24. Semoga husnul khatimah,” tulis Mahfud MD pada akun Instagramnya pribadinya pada Akhir Pekan (19/5/2024).

Mahfud MD kemudian berbagi sedikit cerita tentang kenangan yang tersebut pernah dialaminya dengan almarhum Salim Said. Kala itu dirinya diminta Presiden Gus Dur bermetamorfosis menjadi Menteri Perlindungan (Menhan).

Awalnya Mahfud MD ragu sebab tidak ada memiliki pengalaman sejenis sekali serta tidaklah memilik latar belakang militer. Gus Dur memberikan saran untuk belajar dengan Susilo Bambang Yudhoyono dhoyono (SBY).

“Sekelumit kenangan, di mana Presiden Gus Dur memohonkan saya untuk berubah menjadi Menteri Pertahanan, saya bilang untuk Gus Dur bahwa saya tak punya latar belakang studi juga pengalaman pada Sektor Pertahanan, TNI, kemudian Militer,” kata Mahfud MD.

“Memulai dengan gurauan Gus Dur bilang, “Saya juga tidaklah punya latar belakang kemudian pengalaman jadi Presiden, dapat kok. Belajar cuma sebentar untuk Pak Yudhoyono,” jawab Gus Dur. Pak Yudhoyono adalah panggilan untuk Pak SBY kala itu,” jelasnya.

Selain SBY, ada banyak nama lain yang tersebut ahli di bidang keamanan kemudian ABRI pada waktu ini bernama TNI. Kemudian selesai dilantik Mahfud MD memanggil sebagian nama untuk datang ke rumahnya memberikan kuliah singkat.

“Nah, pasca dilantik sebagai Menhan saya secara langsung mengundang satu persatu ke rumah beberapa Ahli seperti Sayidiman Suryohadiprojo, Salim Said, dan juga Hasnan Habib untuk memberi kuliah singkat terhadap saya,” jelasnya.

Sejak ketika itu, Mahfud mengaku mulai berteman dengan Salim Said. Dia kerap terlibat pada satu forum untuk memberikan tanggapan melawan buku yang dikarang oleh Salim Said atau mengawasi doa.

“Sejak itu saya berubah jadi bersahabat kemudian banyak terlibat pada beraneka forum dengan Salim Said. Saya rutin diundang untuk bergabung mengeksplorasi atau mengawasi doa di peluncuran buku-bukunya yang digunakan baru. Selamat jalan, Bung Salim Said,” tutup Mahfud.

Artikel ini disadur dari Kenang Salim Said, Mahfud MD Mengaku Pernah Dapat Kuliah Singkat Soal Pertahanan