Kesehatan

Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

10
×

Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Sebarkan artikel ini
Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

JAKARTA Kourtney Kardashian mengaku meminum ASI-nya (Air Susu Ibu) sendiri setelahnya merasa mual dan juga sedikit tak enak badan. Pengakuan mengejutkan ini diungkap Kourtney melalui unggahan di dalam Instagram Story pribadinya.

Kourtney membagikan selfie ke Instagram Story pada Kamis, 11 April 2024, ke mana ia terlihat mengacungkan jempol dengan filter lucu dalam wajahnya. Istri Travis Barker ini pun mengungkap bahwa dirinya meminum segelas ASI demi kesehatannya.

“Filter ini gila dan juga saya baru belaka meminum segelas ASI lantaran saya merasa mual. Selamat malam!” tulis Kourtney diambil dari The Independent, Hari Minggu (14/4/2024).

Pengobatan rumahan untuk menyembuhkan penyakit bukanlah hal baru. Berkumur air hangat dengan garam untuk sakit tenggorokan, minum jus plum sebagai pencahar alami, atau menambahkan jahe segar ke di apa pun dipercaya bisa saja memberikan kegunaan kesehatan.

Namun apakah ASI benar-benar obat yang tersebut ampuh untuk menyembuhkan penyakit seperti yang digunakan diwujudkan Kourtney?

Tidak diragukan lagi bahwa ASI menawarkan berbagai kegunaan kesehatan bagi bayi yang mana sedang menyusui. Menurut Pusat Pengendalian juga Pencegahan Penyakit, ini tak hanya saja merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, tetapi juga dapat membantu melindungi bayi dari beberapa penyakit seperti asma, obesitas pada masa kanak-kanak, juga diabetes tipe 1.

Sementara bagi pemukim dewasa, minum ASI dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ada pangsa online bagi pembeli ASI dewasa. Namun, para ahli berbeda pendapat mengenai meminum ASI sebagai tren kesehatan, mengingat belum berbagai penelitian mengenai hal tersebut.

Sebuah studi 2015 yang digunakan diterbitkan pada Journal of Royal Society of Medicine mengingatkan agar tidaklah meminum ASI pada keadaan tak dipasteurisasi pasca para peneliti mengidentifikasi bakteri di 93 persen sampel ASI yang diuji. Karena ASI adalah cairan tubuh, maka ada pula risiko seseorang terkena penyakit, seperti hepatitis B serta C, HIV-1/2, HTLV-I&II, lalu sifilis.

Di sisi lain, ASI juga dianggap sebagai penyembuhan topikal yang digunakan potensial untuk beragam keadaan kulit, luka bakar, infeksi mata, atau ruam. Pada 2013, Kim Kardashian meminum ASI saudaranya, Kourtney untuk membantu mengobati psoriasisnya.

Baru-baru ini, Serena Williams mengungkapkan beliau menggunakan ASI putrinya untuk mengobati sengatan matahari di dalam wajahnya. Menurut sejarawan Marylynn Salmon, ASI umumnya digunakan sebagai terapi untuk menyembuhkan segala penyakit sejak abad ke-17 kemudian ke-18 di dalam Inggris kemudian Amerika.

Masih banyak penelitian yang digunakan wajib dikerjakan mengenai khasiat minum ASI pada penduduk dewasa. Oleh lantaran itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum bergabung juga pada tren ini.

Artikel ini disadur dari Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?