Lifestyle

Libur Sekolah, Daop 3 Cirebon Tambah Perjalanan Kereta Api

7
×

Libur Sekolah, Daop 3 Cirebon Tambah Perjalanan Kereta Api

Sebarkan artikel ini

Cirebon – PT Kereta Api Tanah Air Daerah Operasi (Daaop) 3 Cirebon menambah perjalanan kereta api atau KA selama libur sekolah. Hal itu dijalankan untuk mengantisipasi tingginya animo rakyat yang tersebut menggunakan kereta api untuk bepergian selama libur. 

Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul menjelaskan perjalanan KA Argo Cheribon fakultatif pada 30 Juni, 7 Juli, lalu 14 Juli 2024. “Kami pun memaksimalkan perubahan rangkaian kereta api Argo Cheribon,” tutur Zainul, Ahad, 30 Juni 2024. 

Tambahan Kereta Api kemudian Jadwalnya

Dijelaskan Zainul, ke masa libur sekolah mulai 24 Juni hingga 14 Juli 2024, KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 92.780 tempat duduk. Adapun daftar kereta api  yang dijalankan untuk periode libur sekolah di wilayah Daop 3 Cirebon ke antaranya KA 21 Argo Cheribon relasi Tegal-Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 05.35 WIB, KA 23 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 16.35 WIb, KA 25 Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 05.05, KA 27 Argo Cheribon relasi Tegal-Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 13.30 WIB, KA 29F Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir keberangkatan pukul 20.00 WIB. 

Ada pula KA 116 Ranggajati relasi Cirebon-Jember keberangkatan pukul 06.45 WIB, KA 192 Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol keberangkatan pukul 12.00 WIB,  KA 194 Kaligung relasi Brebes-Semarang Poncol keberangkatan pukul 04.45 Waktu Indonesia Barat kemudian KA 196 Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol keberangkatan pukul 09.10 WIB. 

“Bila permintaan pelanggan meningkat, tambahan perjalanan KA akan dievaluasi secara rutin untuk mengakomodir permintaan pelanggan,” tutur Zainul. 

Tips Menggunakan Kereta Api di Musim Libur Sekolah

Selanjutkan Zainul pun memberikan tips agar liburan menggunakan kereta api semakin seru.

1. Manfaatkan Aplikasi  KAI Access

Aplikasi Access by KAI memudahkan pengguna jasa di memesan tiket kereta api. Calon penumpang dapat mengunduhnya melalui Apple Store atau Google Play. Aplikasi komputer ini mempunyai berubah-ubah fitur, di antaranya layanan tambahan seperti pemesanan makanan, taksi, bus, serta hotel.

2. Pesan Tiket Kereta Jauh-jauh Hari

Penting untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari, teristimewa jikalau penumpang menghadirkan anak-anak. Saat ini, dapat memesan tiket hingga 45 hari sebelum keberangkatan.

3. Jangan Terlambat datang ke stasiun

Pastikan tiada terlambat datang ke stasiun pemberangkatan, dengan menyiapkan estimasi waktu yang mana cukup.

4. Bawa Barang Secukupnya

Meskipun penumpang naik kereta sambil menghadirkan anak, perhatikanlah barang bawaan yang dibawa. Pilihlah barang-barang yang tersebut penting kemudian tentunya keperluan anak selama perjalanan dengan KA.

5. Keselamatan Anak Nomor Satu

Keselamatan anak merupakan hal utama yang tersebut tak boleh terabaikan. Orang tua berkewajiban untuk mengawasi aktivitas anak, khususnya di stasiun dan juga pada perjalanan dengan kereta api. Stasiun kereta banyak kali padat dan juga mempunyai aktivitas operasional kereta yang dimaksud diperlukan diwaspadai.

6. Manfaatkan Fasilitas Ramah Anak

Bagi penduduk tua yang memiliki anak-anak bergerak juga gemar bermain, tiada wajib takut sebab pada stasiun telah terjadi disediakan infrastruktur taman bermain anak seperti ke ruang tunggu Stasiun Cirebon. 

Tak hanya saja itu, di dalam stasiun juga tersedia ruang laktasi/menyusui yang mana dilengkapi dengan infrastruktur lengkap seperti sofa, kulkas, serta wastafel. 

Dalam rangkaian kereta new generation stainless steel pun terdapat prasarana meja lipat yang mana berada ke toilet wanita. Meja lipat ini berfungsi sebagai tempat untuk mengganti popok bayi dengan tambahan nyaman.

7. Nikmati Kuliner Khas Railfood

Penumpang dapat memesan kuliner khas ala kereta api secara dengan segera dari tempat duduk melalui menu “Railfood” di dalam aplikasi mobile  Access by KAI.

Pilihan lain yaitu dapat mengunjungi kereta makan yang mana terletak di antara kereta penumpang. Kereta makan ini mempunyai desain ruangan lalu tempat duduk yang digunakan enak kemudian mewah, teristimewa pada rangkaian kereta stainless steel generasi baru. 

 

Artikel ini disadur dari Libur Sekolah, Daop 3 Cirebon Tambah Perjalanan Kereta Api