Kesehatan

Manfaat Mengejutkan Minum Kopi sebelum Tidur Siang

8
×

Manfaat Mengejutkan Minum Kopi sebelum Tidur Siang

Sebarkan artikel ini
Manfaat Mengejutkan Minum Kopi sebelum Tidur Siang

JAKARTA Minum kopi sebelum tidur siang memberikan khasiat untuk kesehatan. Seorang pakar tidur mengklaim, minuman ini bisa saja membantu Anda untuk bangun dengan perasaan segar.

Ada ilmu pengetahuan yang tersebut memperkuat klaim ini juga. Sebuah penelitian pada 2010 menemukan bahwa tidur siang setelahnya minum kopi dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menerima kafein.

Dilansir dari New York Post, Selasa (16/4/2024) meskipun kopi tampaknya dapat menjaga dari Anda tertidur, dibutuhkan waktu agar kafein dapat menyerapnya.

“Kafein membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dimetabolisme, dan juga pada waktu Anda bangun, Anda dapat mendapatkan kegunaan ganda dari peremajaan tidur siang lalu kewaspadaan terhadap kafein,” kata ahli tidur siang James Wilson.

Menurut Health Line, para ahli memaparkan minum kafein tepat sebelum tidur kemudian tertidur selama sekitar 20 menit adalah cara ideal untuk mendapatkan tidur siang yang nyenyak. Tidur lebih besar dari 30 menit dapat menimbulkan seseorang semakin mengantuk sebab pendatang yang disebutkan memasuki keadaan tidur yang mana lebih besar nyenyak.

Untuk mengoptimalkan tidur Anda ke di malam hari hari, sebaiknya Anda tidaklah minum kopi kurang dari 6 jam sebelum waktu tidur. Jumlah kafein yang ideal untuk dikonsumsi sebelum tidur agar merasa tambahan waspada adalah 2 cangkir kopi atau 200 mg kafein.

Namun, Wilson mengingatkan bahwa tiada semua warga yang digunakan tidur siang itu sama. “Penting untuk dicatat bahwa preferensi setiap penduduk bersifat individual, jadi tidur siang dengan kafein mungkin saja berhasil bagi sebagian orang, namun tidaklah bagi yang digunakan lain,” jelasnya.

Di sisi lain, tidur siang miliki berubah-ubah faedah bagi kesehatan, teristimewa apabila Anda mempunyai utang tidur. Tidur siang adalah cara yang digunakan bagus untuk berhadapan dengan gejala kurang tidur.

“Mereka dapat meningkatkan kewaspadaan, menghasilkan Anda lebih lanjut produktif, dan juga dapat membantu jikalau Anda tidur berhadapan dengan ritme sirkadian alami Anda. Misalnya, apabila Anda adalah khalayak yang mana suka begadang kemudian terpaksa bangun jam 5 pagi untuk bekerja,” ungkapnya.

“Mereka juga bisa saja menjadi anugerah bagi pekerja shift, tidur siang akan mengisi kesenjangan pada tidur mereka, membantu memenuhi keinginan tidur mereka. Hal ini khususnya berlaku saat mencoba tidur dalam siang hari,” tandasnya.

Artikel ini disadur dari Manfaat Mengejutkan Minum Kopi sebelum Tidur Siang