Lifestyle

Mengenal Apa Itu PPKA, Dituding Netizen Jadi Penyebab Tabrakan KA Turangga vs Kereta Lokal

Nadineworldwide.com – Kabar duka datang dari dunia perkerataapian Indonesia. Adu banteng terjadi antara kereta api di dalam wilayah Cicalengka, yang mana melibatkan KA Turangga lalu KA lokal Baraya. Tidak sedikit netizen yang mana menyampaikan bahwa hal ini terjadi oleh sebab itu kelalaian petugas PPKA. Tapi apa itu petugas PPKA?

Peristiwa tragis ini sendiri terjadi pada Babakan, DKA Cicalengka, Daerah Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 5 Januari 2024 pukul 06.00 WIB. Dikabarkan sedikitnya terdapat tiga orang korban jiwa, termasuk dua masinis kereta tersebut.

Lalu Apa Itu Petugas PPKA?

Dalam operasional kereta api, peran masinis jelas sangat besar akibat secara praktis mengemudikan kereta agar dapat sampai ke tujuan. Namun kerja masinis juga dibantu lalu ditunjang oleh sejumlah sikap lain, termasuk salah satunya petugas PPKA.

Alasan mengapa petugas PPKA ditengarai mempunyai andil besar pada tragedi ini adalah dikarenakan petugas ini berada di dalam stasiun dan juga menerima kemudian mengantarkan kereta api yang dimaksud hendak berangkat, singgah, hingga sampai di dalam stasiun.

Petugas PPKA atau Pengatur Perjalanan Kereta Api membutuhkan disiplin tinggi di mengatur lalu melakukan tindakan, demi menjamin keselamatan dan juga ketertiban setiap perjalanan yang dimaksud diadakan oleh kereta api.

Standar Kompetensi juga Tugas Petugas PPKA

Mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 5 Tahun 2017 tentang Sertifikasi Kecakapan Pengatur Perjalanan Kereta Api kemudian Pengendali Perjalanan Kereta Api, pribadi petugas PPKA wajib memenuhi standar kompetensi berikut.

  • Mengetahui kemudian memahami ketentuan peraturan perundang-undangan terkait dengan operasi kereta api, sarana, lalu prasarana perkeretaapian
  • Mengetahui, memahami lalu menguasai standar operasi prosedur pemberangkatan, kedatangan juga pemberhentian kereta api
  • Mengetahui, memahami kemudian menguasai standar operasi prosedur teknis dan juga administrasi perjalanan kereta api (pemeriksaan juga pengisian laporan kereta api)
  • Mengetahui, memahami lalu menguasai standar operasi prosedur keamanan juga keselamatan di dalam stasiun
  • Mengetahui, memahami, menguasai juga membaca grafik perjalanan kereta api, maklumat kereta api, telegram maklumat serta daftar waktu dan juga perubahannya dan/atau peraturan perjalanan kereta api
  • Mengetahui, memahami serta menguasai standar operasi prosedur persinyalan, telekomunikasi serta listrik pada pengoperasian perkeretaapian
  • Mengetahui, memahami kemudian menguasai standar operasi prosedur pemindahan, persilangan kemudian penyusunan operasi kereta api
  • Mengetahui, memahami kemudian menguasai wilayah kerja
  • Pengetahuan, keterampilan, lalu sikap di mengatur perjalanan kereta api kemudian mengendalikan perjalanan kereta api

Tugasnya secara praktis adalah menjaga agar standar kompetensi di tempat menghadapi dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan juga peraturan yang dimaksud telah lama ditetapkan.

Itu tadi sekilas mengenai apa itu petugas PPKA, yang dimaksud dianggap turut bertanggung jawab menghadapi tragedi yang mana melibatkan dua kereta api pada Jawa Barat tersebut. Semoga permasalahan ini lekas ditemukan titik terangnya, kemudian semoga keluarga korban mendapatkan penguatan juga ketabahan.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button