Otomotif

Mengenal Jenis Mobil: Apa Bedanya SUV serta Crossover?

17
×

Mengenal Jenis Mobil: Apa Bedanya SUV serta Crossover?

Sebarkan artikel ini
Mengenal Jenis Mobil: Apa Bedanya SUV juga Crossover?

Nadineworldwide.com – Mobil pada waktu ini hadir di berbagai jenis lalu model yang mana dirancang untuk memenuhi keperluan juga preferensi pengguna. Dari sedan elegan hingga SUV tangguh, setiap jenis mobil mempunyai karakteristiknya sendiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perbedaan antara beberapa jenis mobil populer, seperti sedan, SUV, MPV, crossover, kemudian lainnya.

1. Sedan

Mitsubishi Lancer X.

Sedan banyak diidentifikasi dengan bentuk bodi yang dimaksud lebih lanjut panjang kemudian desain yang tersebut lebih tinggi rendah. Mobil ini biasanya dirancang untuk kenyamanan dan juga efisiensi material bakar. Ciri khas sedan meliputi dua baris kursi, dengan kapasitas untuk 4-5 penumpang. Sedan juga terkenal dengan kabin yang mana elegan kemudian gaya yang lebih tinggi formal. Contohnya Honda Civic atau Mitsubishi Lancer.

2. SUV (Sport Utility Vehicle)

Tampilan Suzuki Jimny 5 Pintu untuk Pasar India. (Foto: Suzuki)
Tampilan Suzuki Jimny 5 Pintu untuk Pasar India. (Foto: Suzuki)

SUV dikenal dengan postur yang tersebut lebih banyak tinggi kemudian kemampuan off-road yang mana lebih banyak baik. Mobil ini rutin kali dilengkapi dengan penggerak empat roda (4WD) atau all-wheel drive (AWD), membuatnya cocok untuk berbagai medan. SUV biasanya menawarkan kapasitas penumpang yang dimaksud tambahan besar juga ruang kargo yang mana luas. Contoh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, atau Suzuki Jimny.

3. MPV (Multi-Purpose Vehicle)

Toyota Avanza 1.3 E M/T. (Istimewa)
Toyota Avanza 1.3 E M/T. (Istimewa)

MPV, atau rutin disebut sebagai minivan, didesain untuk mengakomodasi penumpang dengan kenyamanan maksimal. MPV mempunyai pintu geser pada samping untuk memudahkan akses ke baris belakang. Biasanya, MPV mempunyai kapasitas penumpang yang tersebut lebih lanjut besar daripada sedan, dengan opsi baris kursi yang digunakan fleksibel. Contoh Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.

4. Crossover

Suzuki SX4 S-Cross pada kompetisi GIIAS 2016, ICE, Tangerang, Banten, (12/8). [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Suzuki SX4 S-Cross di tempat turnamen GIIAS 2016, ICE, Tangerang, Banten, (12/8). [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Crossover adalah perpaduan antara sedan lalu SUV, menciptakan mobil yang lincah juga efisien. Meskipun miliki postur yang mana tambahan tinggi seperti layaknya SUV, crossover umumnya menggunakan wadah sedan, yang membuatnya lebih lanjut ringan lalu hemat komponen bakar. Crossover menjadi populer lantaran kombinasi gaya, kenyamanan, serta efisiensi. Contohnya adalah Suzuki SX4.

5. Hatchback

New Mitsubishi Mirage. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
New Mitsubishi Mirage. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Hatchback mempunyai bodi yang lebih tinggi pendek dengan pintu belakang yang digunakan terhubung dengan segera ke area kargo. Desain ini membuatnya lebih besar fleksibel di hal ruang penyimpanan dan juga seringkali miliki tampilan yang lebih besar sporty. Hatchback tersedia pada berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Contohnya Toyota Yaris, Honda Jazz, kemudian Mitsubishi Mirage.

6. Coupe

Audi RS5 Coupe 2021 [Audi USA via ANTARA].
Audi RS5 Coupe 2021 [Audi USA via ANTARA].

Coupe umumnya dikenal dengan desain bodi yang dimaksud lebih tinggi kompak juga pintu yang mana lebih banyak sedikit, biasanya dua pintu. Meskipun kerap dikaitkan dengan gaya yang dimaksud lebih banyak sporty, coupé dapat ditemukan di berbagai kelas kemudian tawarkan kinerja yang luar biasa. Contohnya Audi RS5 Coupe.

7. Convertible

Pemenang lelang mobil Lexus LC500 convertible (Autoevolution)
Pemenang lelang mobil Lexus LC500 convertible (Autoevolution)

Convertible mempunyai kemampuan untuk mengubah atapnya menjadi terbuka, menciptakan pengalaman berkendara yang digunakan unik. Model ini rutin dicari oleh merekan yang tersebut ingin merasakan angin segar ketika mengemudi. Convertible biasanya hadir di bentuk coupé atau roadster. Contoh Lexus LC500 convertible.

Dengan memahami perbedaan antara berbagai jenis mobil, konsumen dapat menghasilkan pilihan yang mana tepat sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, kemudian preferensi mereka. Setiap jenis mobil menawarkan keunggulan dan juga keunikannya sendiri, memberikan pengalaman berkendara yang mana unik terhadap pemiliknya.

(Sumber: Suara.com)