Kesehatan

Mengenal Pneumotoraks, Kondisi yang Diidap Winter Aespa hingga Dioperasi

9
×

Mengenal Pneumotoraks, Kondisi yang Diidap Winter Aespa hingga Dioperasi

Sebarkan artikel ini
Mengenal Pneumotoraks, Kondisi yang dimaksud Diidap Winter Aespa hingga Dioperasi

JAKARTA Winter Aespa mengidap pneumotoraks hingga mengharuskan menjalani operasi pada Kamis, 11 April 2024 ke salah satu rumah sakit di dalam Seoul, Korea. SM Entertainment selaku agensi pun menyampaikan bahwa Winter pada waktu ini berada dalam pemulihan sebelum comeback dengan grupnya.

Winter dilaporkan membutuhkan waktu pemulihan hingga dua bulan pasca menjalani operasi pneumotoraks . Sedangkan untuk rawat inap, memerlukan waktu dua hingga tiga hari setelahnya operasi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Hari Sabtu (13/4/2024), pneumotoraks merupakan status di mana ada udara dalam ruang antara dinding dada dan juga paru-paru (ruang pleura).

Udara di dalam rongga pleura dapat menumpuk juga menekan paru-paru, sehingga menyebabkan paru-paru kolaps sebagian atau seluruhnya. Oleh sebab itulah penyakit ini disebut juga dengan paru-paru kolaps.

Mengenal Pneumotoraks, Kondisi yang mana Diidap Winter Aespa hingga Dioperasi

Foto/Soompi

Pneumotoraks ini juga terbagi kedalam dua jenis, yaitu pneumotoraks spontan dan juga traumatis. Pneumotoraks spontan biasanya terbentuk pada saat paru-paru yang kolaps tanpa adanya cedera. Bisa jadi lantaran penyakit paru-paru bawaan.

Sementara itu, pneumotoraks traumatis umumnya berjalan lantaran adanya cedera serta prosedur medis lainnya yang mana dapat menimbulkan paru-paru kolaps.

Beberapa gejala yang tersebut muncul biasanya ditandai dengan nyeri dada dalam satu sisi. Terutama pada waktu mengambil napas, batuk, napas cepat, detak jantung cepat, kemudian juga kelelahan.

Tak cuma itu, pneumotoraks juga biasanya disertai dengan sesak napas (dispnea), juga kulit, bibir atau kuku kebiruan (sianosis).

Terdapat beberapa hal yang bisa jadi menyebabkan seseorang mengidap pneumotoraks. Seperti miliki permasalahan paru-paru yakni asma, peradangan paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit pembuluh darah kolagen, fibrosis kistik, dan juga penyakit paru lainnya.

Sementara itu, beberapa komponen eksternal seperti trauma benda tumpul, luka tembak, luka tusuk, hingga prosedur medis, seperti blok saraf juga sanggup membuat terjadinya pneumotoraks.

Artikel ini disadur dari Mengenal Pneumotoraks, Kondisi yang Diidap Winter Aespa hingga Dioperasi