Kesehatan

Minum Air Putih Dingin Sangat Berbahaya bagi Kesejahteraan Ginjal, Mitos atau Fakta?

8
×

Minum Air Putih Dingin Sangat Berbahaya bagi Kesejahteraan Ginjal, Mitos atau Fakta?

Sebarkan artikel ini
Minum Air Putih Dingin Sangat Sangat Berbahaya bagi Kepuasan Ginjal, Mitos atau Fakta?

JAKARTA – Minum air dingin banyak dinilai membahayakan kesejahteraan tubuh. Mereka yang tersebut gemar minum air putih dingin pun ditakutkan dengan rumor mengenai kecacatan ginjal, benarkah?

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K menjelaskan bahwa air putih yang dikonsumsi pada status dingin maupun hangat, suhunya akan menyesuaikan apabila sudah ada mencapai lambung.

Baca Juga: 6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi lalu Asma

“Jadi sebenarnya air yang diminum berapa pun suhunya itu saat mencapai lambung, maka akan menyesuaikan dengan keadaan lambung kita,” kata dr. Dion dikutipkan dari akun Instagram @dionharyadi, Kamis (18/4/2024).

Dr. Dion mengungkap bahwa keadaan suhu air dingin maupun hangat yang tersebut masih di batas wajar, kekal aman untuk dikonsumsi setiap harinya. Kecuali air yang disebutkan memiliki suhu panas atau dingin yang digunakan ekstrim, hal ini sanggup melukai tenggorokan.

“Kecuali Anda meminum air dengan suhu 100 derajat celcius ya itu mungkin melukai tenggorokan. Tapi kalo misalnya masih di tahap wajar, mau itu hangat maupun dingin itu suhunya akan disesuaikan dalam pada tubuh,” ujarnya.

Sehingga rumor mengenai air putih dingin mampu memperberat kinerja lantai ginjal serta berdampak pada kesegaran tubuh berubah menjadi salah satu mitos kebugaran yang digunakan masih kerap beredar.

“Ini juga tiada memperberat kerja ginjal atau menghancurkan tubuh manusia. Makanya konten-konten yang digunakan bilang minum air es itu berbahaya itu ga benar,” jelas dr. Dion.

Menurut dr. Dion, air putih dingin sebetulnya sanggup menjadi solusi bagi merekan yang digunakan gemar minuman manis untuk menggantinya dengan minum air putih dingin.

Pasalnya, tiada semua warga suka untuk minum air putih di suhu ruangan, sebagian khalayak menganggap minum air putih pada kondisi dingin mampu membantunya untuk lebih lanjut rajin memenuhi cairan tubuh.

“Padahal, air es itu bisa jadi jadi solusi buat pemukim yang ingin menurunkan minum manis. Jadi dengan minum air dingin, minum air putih bisa jadi lebih banyak banyak, menghurangi minuman manis berkalori yang mana bisa saja meningkatkan berat badan,” ucapnya.

Artikel ini disadur dari Minum Air Putih Dingin Berbahaya bagi Kesehatan Ginjal, Mitos atau Fakta?