Berita

Pelayanan ASDP Selama Arus Mudik kemudian Balik Lebaran 2024 Diapresiasi

9
×

Pelayanan ASDP Selama Arus Mudik kemudian Balik Lebaran 2024 Diapresiasi

Sebarkan artikel ini
Pelayanan ASDP Selama Arus Mudik kemudian Balik Lebaran 2024 Diapresiasi

JAKARTA – Sejumlah kalangan mengapresiasi penanganan arus mudik juga balik Lebaran 2024 oleh PT Angkutan Sungai, Danau kemudian Penyeberangan (ASDP) Nusantara Ferry. Di mana menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan apabila dibandingkan periode sebelumnya.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Pengguna Nusantara (YLKI), Tulus Abadi mengatakan, peningkatan kualitas terjadi pada tahap praperjalanan, perjalanan, hingga pascaperjalanan arus mudik serta balik Lebaran 2024.

“Secara keseluruhan memang benar sangat memadai, mulai kemudahan di tahapan pembelian serta pemesanan tiket berbasis online/digital, check in area pelabuhan yang tersebut nyenyak hingga layanan penanganan pengaduan, seperti barang hilang,” kata Tulus, Rabu (15/5/2024).

Dengan demikian paparnya, sesuai dengan survei YLKI pada lapangan ASDP Indonesia Ferry bertanggung jawab terhadap keandalan pelayanan, dari semua tahap perjalanan. “Sesuai survei kami, kepuasan konsumen ASDP mencapai 98,8 persen,” tegas Tulus.

Hanya cuma kata Tulus, sebagai ujung tombak BUMN logistik masih menyisakan pekerjaan rumah dalam bentuk penguatan literasi agar layanan pembelian tiket secara online bisa saja tambahan masif sehingga mampu menjangkau seluruh kalangan.

“Saat ini masih berbagai yang digunakan gagap teknologi atau gaptek. Jadi terlihat masih ada beberapa yang dimaksud membeli segera di wilayah pelabuhan. Ada juga beberapa yang tersebut belum tahu aturan larangan merokok,” jelasnya.

Hal senada diungkap oleh Djoko Setijowarno, Akademisi Universitas Soegiyapranata Semarang menilai, ASDP sebagai operator yang digunakan berperan besar pada manajemen arus mudik juga balik di dalam pelabuhan, kemudian fungsi regulator di penetapan operasional kapal.

“Sistem manajemen operasional kapal sudah ada dijalankan dengan baik, namun demikian ada beberapa keterbatasan ASDP terkait dengan mengurus kemacetan yang tersebut datang dari arus tol dari arah Jakarta,” tuturnya.

Dia mengimbau, ASDP agar kekal konsistensi untuk melaksanakan kegiatan yang dimaksud telah dicanangkan. “Secara keseluruhan, bagus. Konsisten cuma dengan apa yang tersebut telah diwujudkan selama ini,” jelasnya.

Artikel ini disadur dari Pelayanan ASDP Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Diapresiasi