Kesehatan

Perbedaan Tanda Flu Singapura serta Flu Biasa

13
×

Perbedaan Tanda Flu Singapura serta Flu Biasa

Sebarkan artikel ini
Perbedaan Tanda Flu Singapura juga Flu Biasa

JAKARTA – Flu Singapura yang bilangan bulat kasusnya meningkat beberapa waktu belakangan ini bermetamorfosis menjadi perhatian masyarakat, khususnya para warga tua. Pasalnya, penyakit yang mana juga dikenal dengan istilah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) ini tambahan banyak berlangsung pada anak-anak.

Gejala yang digunakan muncul saat si kecil terinfeksi flu Singapura yaitu adanya lesi pada bagian telapak tangan, telapak kaki, juga mulut. Selain itu, keadaan ini juga kerap disertai dengan demam dan juga nyeri tenggorokan.

Demam serta nyeri tenggorokan juga merupakan gejala penyakit flu biasa atau infuenza. Kemiripan gejala inilah yang kerap menyebabkan para penduduk tua agak sulit membedakan, walau sejatinya flu Singapura sangat ringan dikenali dari adanya lesi di beberapa bagian tubuh, sementara pada influenza tak ditemukan lesi tersebut.


Untuk lebih tinggi jelas mengenai perbedaan gejala flu Singapura dan juga flu biasa, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Tanda Flu Singapura juga Flu Biasa

Flu Singapura pada anak umumnya disebabkan oleh virus enterovirus 71. Virus ini biasa ditemukan di kotoran juga cairan tubuh di pada hidung lalu tenggorokan.

Melansir laman Halodoc, Hari Jumat (19/4/2024), virus flu Singapura dapat menyebar dari satu pemukim ke pendatang lain melalui kontak secara langsung dengan cairan tubuh ataupun benda yang dimaksud terkontaminasi oleh cairan tubuh pengidap.

Sementara flu atau influenza, disebabkan oleh virus influenza. Penularannya rutin kali berjalan pada saat seseorang tak sengaja menghirup percikan air liur pada udara, yang tersebut dikeluarkan oleh pengidapnya melalui bersin ataupun batuk.


Gejala flu Singapura pada anak biasanya muncul seminggu pasca paparan. Namun, terkadang masa inkubasi virusnya juga sanggup berlangsung 3–6 hari sebelum memunculkan gejala.

Gejala itu antara lain timbul ruam merah yang terkadang melepuh dan juga berisi cairan pada telapak tangan, telapak kaki, kemudian bokong; demam; batuk; muncul sariawan; tiada nafsu makan; sakit tenggorokan; dan juga sakit perut.

Adapun gejala flu biasa adalah demam; pilek; hidung tersumbat; batuk kering; sakit kepala; sakit tenggorokan; bersin-bersin, hidung tersumbat atau hidung beringus; juga hilang nafsu makan.

Artikel ini disadur dari Perbedaan Gejala Flu Singapura dan Flu Biasa