Olahraga

Perenang Joe Aditya Kejar Tiket Olimpiade 2024 usai Pecahkan Rekornas dalam IOAC 2023

Nadineworldwide.com – Perenang nasional, Joe Aditya Kurniawan, mengaku sekarang fokus berkompetisi merebut tiket Olimpiade Paris 2024 pasca sukses memecahkan rekor nasional pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Dia memecahkan rekornas di rangkaian Kejuaraan Nasional 5th Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2023.

Joe berhasil mencatatkan waktu 52,75 detik, melampaui rekor sebelumnya yang mana dipegang oleh Triady Fauzi Sidiq dengan 52,77 detik, yang mana tercipta pada Kuala Lumpur 2016.

Saat ini, Joe berambisi mencapai waktu 51,93 detik untuk menjamin dirinya meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024.

“Senang sekali dapat cetak rekornas juga melampaui perenang idola saya Triady Fauzi. Target saya selanjutnya menembus Olimpiade 2024 Paris,” ujar Joe pada keterangan ditulis yang digunakan diterima di area Jakarta, Sabtu.

Joe dinobatkan sebagai perenang terbaik di event 5th IOAC 2023. Meskipun menguatkan klub Elmas Swimming Club Palu, Joe miliki koneksi erat dengan Millennium Aquatic DKI Jakarta lalu berlatih sama-sama Albert Sutanto.

Selain mencatatkan data prestasi di area gaya kupu-kupu, Joe juga menjadi perenang tercepat pada nomor 100 meter gaya bebas putra dengan waktu 50,34 detik.

Catatan ini mengungguli waktu terbaiknya sebelumnya, yaitu 50,73 detik pada SEA Games 2023, dan juga mendekati rekor perenang Triady Fauzi Sidiq yang digunakan berada di dalam hitungan 49,99 detik.

Pelatih timnas renang Indonesia, Albert Sutanto, menjelaskan bahwa pembaharuan pendekatan pada fase tapering atau penurunan intensitas latihan sebelum kompetisi telah dilakukan memberikan dampak positif pada peningkatan performa Joe.

Sebelumnya menggunakan pendekatan linear, saat ini Joe mengadopsi pendekatan fast decay atau penurunan drastis.

Selain Joe Aditya Kurniawan, perenang lain yang tersebut sedang dipersiapkan untuk meraih tiket Olimpiade adalah Farrel Armandio Tangkas (22), Angel Gabriel Yus (22), kemudian atlet keturunan Indonesia-Jerman Agung Alexander Bauch (24), demikian Antara.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button