Lifestyle

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang digunakan Pernah Jualan ke Garasi Rumah

10
×

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang digunakan Pernah Jualan ke Garasi Rumah

Sebarkan artikel ini
Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang digunakan Pernah Jualan ke Garasi Rumah

JAKARTA – Profil Mooryati Soedibyo berubah jadi perhatian usai pendiri Mustika Ratu ini meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024).

Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009 ini tutup usia pukul 1.00 Waktu Indonesia Barat dini hari pada usia 96 tahun.

Jenazah perempuan yang mana lahir pada 5 Januari 1928 itu disemayamkan ke rumah duka Jalan Mangunsarkoro Nomor 69, Menteng, Ibukota Pusat.

Semasa hidup, Mooryati Soedibyo dikenal sebagai pendiri perusahaan kecantikan terkemuka Mustika Ratu.

Mooryati Soedibyo lahir pada 5 Januari 1928 dalam Surakarta, Jawa Tengah. Ayahnya adalah KRMTA Poornomo Hadiningrat dan juga ibunya GRA Kussalbiyah.

Sejak lahir, beliau tinggal dalam di keraton Surakarta yang kental dengan tradisinya. Sebagai keturunan Paku Buwono X, ia mendapat berbagai pelajaran mengenai tata krama, seni, sastra Jawa hingga jamu-jamuan.

Sejak remaja, ia pun sudah pernah pandai meracik jamu dengan resep keraton yang digunakan berasal dari unsur alami. Mooryati Soedibyo juga pelajaran mengenai tumbuh-tumbuhan berkhasiat lalu diajarkan meramu jamu hingga kosmetik dari materi alami.

Setelah menikah, Mooryati Soedibyo memulai terlibat berbisnis menghasilkan jamu, juga kosmetik di garasi rumahnya dengan modal Rp25.000 lalu ditawarkan dari rumah ke rumah.

Bermula dari bidang usaha pada garasi rumah, pada 1975, Soedibyo resmi mendirikan brand kosmetik juga jamunya bernama Mustika Ratu.

Usaha yang disebutkan mulai tumbuh hingga produknya tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Bahkan, di 1995, Mustika Ratu memutuskan melantai dalam bursa dengan kode emiten MRAT.

Semasa hidupnya, Mooryati pernah menjadi Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009. Dia pernah meraih MURI sebagai peraih gelar kejuaraan doktor tertua di dalam Indonesia.

Soedibyo juga masuk sebagai urutan nomor tujuh di daftar 99 wanita paling berpengaruh pada Negara Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.

Artikel ini disadur dari Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Pernah Jualan di Garasi Rumah