Olahraga

Rafael Nadal Bicara Soal Kemungkinan Kelanjutan Kariernya di area Global Tenis

Nadineworldwide.com – Rafael Nadal membuka kemungkinan untuk melanjutkan kariernya setelahnya musim 2024, tetapi mengakui ada “presentase tinggi” bahwa ia sedang melakukan perjalanan terakhirnya sebagai petenis di tempat Australia.

Berbicara mendekati comeback-nya pasca absen selama 12 bulan akibat cedera dalam pertandingan pembuka musim Brisbane International, petenis berusia 37 tahun itu menyatakan tiada tahu pasti apa yang akan terjadi di tempat masa depan.

“Masalahnya dengan menyatakan ini akan menjadi musim terakhir saya adalah saya tidak ada dapat memprediksi 100 persen apa yang dimaksud akan terjadi di area masa depan,” kata Nadal, seperti disiarkan AFP, Hari Minggu seperti dimuat Antara.

“Itulah mengapa saya mengungkapkan “mungkin”. Jelas sekali persentasenya tinggi bahwa ini akan menjadi kali terakhir saya bermain di dalam Australia.”

“Tetapi apabila saya berada pada di tempat ini tahun depan, jangan katakan terhadap saya, ‘Anda dahulu bilang ini akan menjadi musim terakhir Anda’, lantaran saya tiada mengatakannya,” ujar petenis Spanyol itu.

“Anda tak pernah tahu apa yang tersebut terjadi. Saya tidaklah mampu memprediksi bagaimana keadaan saya pada enam bulan ke depan. Saya tiada dapat memprediksi apakah tubuh saya akan memungkinkan saya menikmati tenis seperti saya menikmati masa-masa selama 20 tahun ke belakang.”

“Ini tidak tindakan yang mudah, tapi saya tahu di diri saya bahwa ini kemungkinan besar akan menjadi yang digunakan terakhir bagi saya.”

Juara Grand Slam 22 kali itu mengungkapkan bahwa musim lalu adalah musim yang dimaksud berat dengan operasi cedera pinggul yang mana harus ia jalani sebanyak dua kali, lalu beliau sempat mempertimbangkan untuk berhenti bermain kompetitif selama masa pemulihannya.

Namun beliau mengungkapkan beliau tiada pernah kehilangan kecintaannya untuk olahraga tenis, yang digunakan memotivasi ia untuk terus maju.

“Tentu hanya saya bertanya pada diri sendiri (tentang pensiun), tapi pada titik tertentu saya memutuskan untuk terus maju. Saya punya tekad untuk terus maju.”

Nadal, yang digunakan absen sejak cedera pinggul di dalam Australian Open 2023, memulai comeback tunggalnya melawan petenis kualifikasi pada sesi pertama di dalam Brisbane.

Dia akan kembali bermain pada Mingguan waktu malam dengan bermain ganda.

Ketika ditanya apakah beliau mirip dengan Naomi Osaka, yang tersebut mengaku sudah pernah putus cinta dengan tenis selama rehat dari tur, Nadal menyatakan hal itu tak berlaku baginya.

“Dia (Osaka) lelah atau kehilangan sedikit motivasi untuk bermain,” kata Nadal.

“Itu tidaklah pernah terjadi pada saya. Saya harus menjauh lantaran tubuh saya tidaklah mampu untuk terus berjalan.”

Nadal mengungkapkan absennya yang mana lama memungkinkan tubuhnya untuk pulih serta beliau tidak ada lagi dibangun setiap pagi oleh sebab itu kesakitan, namun beliau bukan memasang harapan tinggi untuk musim baru kemudian cuma akan menjalaninya dari minggu ke minggu.

“Berkompetisi itu berbeda dengan latihan, tapi di hal latihan bersatu teman-teman di tempat sini, saya cukup senang sebab merasa kompetitif melawan petenis yang digunakan saya kalahkan pada waktu latihan,” ujar Nadal.

“Tentu cuma saya tak mempunyai ekspektasi seperti dulu.”

“Sudah jelas, bukan? Tinggal satu tahun lagi. Ini adalah operasi. Bagi saya, agak bukan bisa saja diprediksi bagaimana keadaannya nanti.”

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button