Kesehatan

3 Jenis Makanan yang mana Bisa Menyebabkan Benjolan di Payudara

9
×

3 Jenis Makanan yang mana Bisa Menyebabkan Benjolan di Payudara

Sebarkan artikel ini
3 Jenis Makanan yang mana Bisa Menyebabkan Benjolan pada Payudara

JAKARTA – Beberapa jenis makanan bisa saja menyebabkan benjolan di dalam payudara. Sayangnya tidaklah berbagai warga menyadari risiko ini lantaran rasanya yang tersebut lezat kemudian telah terjadi mengonsumsinya berubah jadi makanan harian.

Dokter sekaligus kreator konten, dr Kevin Mak mengutarakan bahwa pemicu benjolan di susu rutin terjadi. Keadaan ini disebut sebagai fibroadenoma mammae (FAM) lalu biasanya berlangsung ke usia 18-30 tahun lantaran konsumsi makanan tertentu.

“Walaupun penyebabnya belum 100 persen jelas, ini bisa saja muncul lantaran respons jaringan dada yang digunakan lebih banyak bergerak terhadap hormon estrogen. Salah satunya mampu oleh sebab itu konsumsi makanan-makanan yang tersebut mengandung hormon estrogen,” kata dr Kevin disitir dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (18/4/2024).

3 Jenis Makanan yang mana Bisa Menyebabkan Benjolan ke Payudara

Berikut sederet makanan yang dimaksud dapat menyebabkan benjolan dalam payudara.

1. Seblak kemudian makanan instan
2. Junk food dan juga makanan yang mana diproses
3. Mi instan

Selain dikarenakan makanan tertentu, benjolan ke kelenjar susu juga mampu terjadi akibat unsur risiko tertentu. Misalnya adalah riwayat benjolan dada dalam keluarga, minum pil KB sebelum usia 20 tahun, dan juga terkadang dapat timbul pada waktu hamil atau menyusui.

“Banyak perempuan muda kerap ngalamin benjolan dalam kelenjar susu kemudian pada waktu kejadian pasti panik, takut, dan juga khawatir,” jelasnya.

“Tapi kalau pada tahu cara menghurangi kemudian mencegah hal-hal yang digunakan ada dalam post ini kayaknya akan datang membantu banget menjaga dari penyakit FAM,” lanjutnya.

Di sisi lain, penting untuk diingat bahwa tak semua benjolan di dada adalah tanda neoplasma payudara.

Namun, apabila Anda menemukan benjolan atau pembaharuan lain pada payudara, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Selanjutkan akan dijalankan evaluasi tambahan lanjut lalu diagnosis yang tersebut tepat.

Artikel ini disadur dari 3 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Benjolan di Payudara