Kesehatan

4 Cara Cegah Kolesterol Kambuh Setelah Pulang Liburan, Dokter Ingatkan Lagi Soal Makanan

Nadineworldwide.com – Dokter spesialis penyakit di ingatkan masih jaga pola makan sehat cegah lemak darah ketika liburan akhir tahun 2023. Apalagi jenis makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi lemak jenuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah Puri Indah, dr. Wirawan Hambali, Sp.PD menjelaskan lipid adalah adalah lemak yang dimaksud beredar dalam di tubuh. Di pada darah, lemak steroid ini dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein.

Ilustrasi hasil test lemak darah (Freepik/rawpixel)
Ilustrasi hasil test lipid (Freepik/rawpixel)

“Dalam kadar yang sesuai, zat yang dimaksud sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh di membantu mendirikan sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, banyak hormon, lalu asam empedu untuk mencerna lemak. Selain itu, senyawa ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, kemudian membentuk vitamin D,” jelas dr. Wirawan melalui keterangannya yang diterima beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, jikalau kadar lipoprotein itu terlalu tinggi bisa saja membahayakan tubuh yang dimaksud akhirnya memicu penyakit lalu komplikasi seperti kolesterol.

Perlu diketahui, ada dua jenis utama lipoprotein yaitu adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) atau steroid jahat. Sedangkan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) atau lipid baik berfungsi untuk membantu mengangkut lemak darah (membersihkan atau scavenger) dari pembuluh darah arteri untuk kembali ke pada hati.

Berikut ini cara menghindari lemak darah ketika liburan akhir tahun dengan pola makan, gaya hidup hingga obat-obatan menurut dr. Wirawan:

Ilustrasi alat tes lipid (Pexels/NataliyaVaitkevich)
Ilustrasi alat tes steroid (Pexels/NataliyaVaitkevich)

1. Perubahan Gaya Hidup

Menerapkan pola makan sehat dengan menghindari makanan tinggi
lemak jenuh, kolesterol, makanan olahan, makanan dengan kadar garam serta kadar gula tinggi pada waktu liburan. Jangan biarkan kegiatan kebersamaan keluarga justru mengancam penyakit.

“Peningkatan aktivitas fisik juga dapat membantu mengurangi dan juga mengatur gangguan kolesterol. Penting juga untuk menghindari alkohol lalu menghentikan kebiasaan merokok,” jelasnya.

2. Pemakaian Obat-obatan

Jika pembaharuan gaya hidup tidaklah cukup efektif, dokter dapat
meresepkan obat-obatan untuk membantu menurunkan kadar steroid pada waktu sebelum pergi liburan. Perlu diingat bahwa pemanfaatan obat-obatan jenis statin dapat memberikan dampak pada kehamilan.

“Penggunaan obat statin pada wanita usia produktif, terkait dengan faedah kemudian risiko yang dimaksud dapat ditimbulkan, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam,” paparnya.

3. Pemeriksaan Rutin Kolesterol

Sebaik sebelum liburan lakukan pemeriksaan kadar steroid secara rutin sesuai dengan petunjuk dokter spesialis penyakit dalam. Pemeriksaan dapat diadakan dengan pemeriksaan darah profil lipid di tempat laboratorium.

4. Cara Pengetahuan Sebelum Liburan

Perkaya diri dengan informasi tentang gangguan steroid juga dampaknya pada kesehatan. Khususnya jangan sampai lemak darah kambuh pasca liburan, berisiko mengganggu produktivitas pada waktu kembali bekerja.

“Pengetahuan yang dimaksud lebih banyak baik dapat membantu Anda menciptakan kebijakan yang dimaksud lebih lanjut baik terkait dengan kemampuan fisik Anda,” pungkas dr. Wirawan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button