Kesehatan

5 Cara Alami Atasi Sembelit usai Lebaran

11
×

5 Cara Alami Atasi Sembelit usai Lebaran

Sebarkan artikel ini
5 Cara Alami Atasi Sembelit usai Lebaran

JAKARTA – Kesulitan kebugaran kerap kali muncul pascaperayaan lebaran. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk pola makan yang mana bukan baik.

Salah satu permasalahan kesegaran yang dimaksud kerap muncul adalah sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dikarenakan konsumsi terlalu berbagai daging hingga kurang asupan serat.

Tak diperlukan terlalu khawatir, oleh sebab itu ada beberapa cara yang dimaksud bisa saja Anda lakukan untuk mengatasi sembelit pascalebaran. Cara ini cukup natural kemudian mampu direalisasikan ke rumah.

Berikut cara mengatasi sembelit pascalebaran, dilansir Medical News Today, hari terakhir pekan (19/4/2024).

1. Minum Lebih Banyak Air

Dehidrasi secara rutin dapat menghasilkan seseorang mengalami sembelit. Untuk mencegahnya, penting untuk minum cukup air dan juga tetap terhidrasi.

Beberapa penelitian menemukan air soda lebih tinggi efektif pada meredakan sembelit. Hal ini diantaranya pada penduduk dengan gangguan pencernaan atau dispepsia, dan juga pemukim dengan sembelit idiopatik kronis.

Namun, pastikan tidak minuman soda manis lebih tinggi gula yang dimaksud Anda konsumsi. Minuman yang dimaksud dapat memunculkan efek berbahaya bagi kesejahteraan kemudian dapat memperburuk sembelit.

2. Makan Lebih Banyak Serat

Untuk mengatasi sembelit, dokter rutin kali menyarankan untuk meningkatkan asupan serat makanan. Hal ini dikarenakan peningkatan asupan serat meningkatkan jumlah serta konsistensi buang air besar, sehingga lebih besar sederhana dikeluarkan.

Salah satu jenis serat yang direkomendasikan ialah serat larut. Serat larut terdapat pada dedak gandum, barley, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga beberapa buah serta sayuran yang dimaksud dapat melunakkan tinja serta meningkatkan konsistensinya.

3. Lebih Sering Berolahraga

Berbagai penelitian telah terjadi melaporkan bahwa olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Penelitian telah terjadi menghubungkan gaya hidup yang bukan terlibat dengan peningkatan risiko sembelit. Oleh lantaran itu, beberapa ahli keseimbangan menyarankan untuk memperbanyak olahraga agar tinja dapat bergerak.

4. Minum Kopi

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi bisa saja meningkatkan keinginan untuk ke buang air besar. Ini adalah akibat kopi dapat merangsang otot-otot pada sistem pencernaan.

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 1998 menemukan bahwa kopi berkafein dapat merangsang usus dengan cara yang tersebut sebanding seperti ketika makan. Efek ini 60% lebih banyak kuat dibandingkan air minum kemudian 23% lebih banyak kuat dibandingkan meminum kopi tanpa kafein.

5. Konsumsi Penyelesaian Pencahar Herbal

Satu lagi cara mengatasi sembelit usai lebaran ialah mengonsumsi obat pencahar herbal. Salah satu obat pencahar herbal ialah yang tersebut mengandung senyawa tumbuhan, glikosida.

Senyawa yang disebutkan dapat merangsang saraf ke usus dan juga membantu mempercepat buang air besar. Namun, masih harus berkonsultasi dengan dokter apabila gejalanya tiada hilang pasca beberapa hari.

Artikel ini disadur dari 5 Cara Alami Atasi Sembelit usai Lebaran