Ekonomi

6 Negara Tetangga RI dengan Utang Luar Negeri Tertinggi di dalam 2024

13
×

6 Negara Tetangga RI dengan Utang Luar Negeri Tertinggi di dalam 2024

Sebarkan artikel ini
6 Negara Tetangga RI dengan Utang Luar Negeri Tertinggi di di 2024

JAKARTA – Beberapa negara tetangga Nusantara terbilang memiliki rasio utang luar negeri yang dimaksud tambahan tinggi dibandingkan lainnya terhadap produk-produk domestik bruto (PDB) negara masing-masing.

Pada dasarnya utang negara memang sebenarnya sangat penting untuk pembiayaan secara umum (general financing) lalu untuk membiayai kegiatan/proyek tertentu. Tidak cuma itu, utang juga dapat digunakan untuk membiayai Belanja produktif juga Penyertaan Modal Negara (PMN).

Karena itu, hampir seluruh negara mempunyai utang, baik dengan rasio yang digunakan besar maupun kecil. Begitu juga dengan negara-negara ASEAN. Menurut AMRO, perekonomian ASEAN umumnya miliki utang umum yang dimaksud moderat dibandingkan dengan standar global. Meskipun berjalan moderasi baru-baru ini, rasio utang umum terhadap Produk Domestik Bruto dalam ASEAN masih meningkat, teristimewa di beberapa negara.

Berikut ini beberapa negara tetangga Indonesi dengan utang luar negeri tertinggi ke tahun 2024 mernurut laman resmi Statista.

1. Singapura
Pada tahun 2024 rasio utang Singapura terhadap Produk Domestik Bruto dia mampu diperkirakan mencapai 167,9%. Rasio itu menjadikan Singapura sebagai negara tetangga Tanah Air dengan utang luar negeri tertinggi pada tahun 2024.

2. Laos
Selanjutnya adalah Laos yang diprediksi mempunyai rasio utang 121,7% dari total Pendapatan Domestik Bruto dalam tahun 2024.

3. Malaysia
Negeri Jiran Tanah Melayu berada pada urutan ketiga dengan perkiraan rasio utang sebesar 66,9% dari total PDB-nya di tahun 2024.

4. Thailand
Thailand berada dalam sikap selanjutnya dengan perkiraan rasio utang sebesar 61,4% dari total Ekonomi Nasional ke tahun 2024.

5. Filipina
Kemudian ada Filipina yang tersebut diperkirakan miliki rasio utang 57,6% dari total Produk Domestik Bruto di dalam tahun 2024.

6. Myanmar
Myanmar mempunyai rasio utang yang berbeda tipis dari Filipina, yakni berada dalam hitungan 57,5% dari total Produk Domestik Bruto merek pada tahun 2024.

Itulah enam negara tetangga Indonesi dengan utang luar negeri tertinggi di tahun 2024. Indonesi sendiri berada ke sikap tujuh ASEAN dengan rasio utang 39% dari total PDB.

Artikel ini disadur dari 6 Negara Tetangga RI dengan Utang Luar Negeri Tertinggi di 2024