Kesehatan

7 Cara Mudah Tidur Lebih Nyenyak, Coba Kontrol Kadar Melatonin

8
×

7 Cara Mudah Tidur Lebih Nyenyak, Coba Kontrol Kadar Melatonin

Sebarkan artikel ini
7 Cara Mudah Tidur Lebih Nyenyak, Coba Kontrol Kadar Melatonin

JAKARTA – Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan. Anda akan merasa lelah kemudian gelisah jikalau melewatkan tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam.

Anda kemungkinan besar juga merasa kesal keesokan harinya. Membolak-balikkan tempat tidur di waktu lama juga dapat memengaruhi kemampuan Anda di berpikir juga mengingat sesuatu.

Melatonin banyak disebut sebagai hormon tidur, memainkan peran utama di kualitas tidur yang mana baik. Melatonin mampu mengatur siklus tidur-bangun atau ritme sirkadian. Itu sebabnya Anda harus mengetahui cara meningkatkan kadar melatonin, hormon yang tersebut diproduksi kelenjar pineal dalam otak.

Cara meningkatkan kadar melatonin
Saat matahari terbenam, kadar melatonin meningkat secara alami, menandakan tubuh Anda bahwa telah waktunya untuk melakukan penutupan mata. Melatonin juga berkurang pada pagi hari, meningkatkan kesadaran. Inilah yang digunakan dapat Anda lakukan untuk meningkatkan melatonin secara alami dalam tubuh.

Tips Tidur Lebih Nyenyak

1. Kontrol paparan cahaya
Paparan cahaya buatan yang digunakan terang, teristimewa cahaya biru dari layar dapat menghambat produksi melatonin. Untuk meningkatkan melatonin secara alami, batasi waktu menatap layar sebelum tidur serta gunakan filter cahaya biru pada perangkat, saran para ahli.

2. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten
Tidur serta bangun pada waktu yang mana identik setiap hari membantu mengatur ritme sirkadian Anda, sehingga dapat meningkatkan produksi melatonin.

3. Ciptakan lingkungan untuk tidur
Jadikan kamar tidur Anda gelap, tenang lalu sejuk untuk meningkatkan produksi melatonin. Anda dapat menggunakan tirai anti -tembus pandang dan juga menghurangi kebisingan untuk menciptakan lingkungan tidur yang ideal.

4. Pilihan pola makan
Makanan tertentu mengandung prekursor melatonin seperti triptofan. Gabungkan makanan seperti kalkun, kacang-kacangan, biji-bijian, juga ceri asam ke di makanan Anda untuk menggalang produksi melatonin. Bagi non-vegetarian, telur adalah pilihan yang digunakan baik lantaran merupakan salah satu sumber melatonin terbaik. Hal ini bergizi tinggi, menawarkan nutrisi seperti protein serta zat besi.

Beberapa pendatang meminum susu hangat di dalam di malam hari hari, sebuah kebiasaan yang tersebut harus Anda teruskan sebab susu yang disebutkan mengandung melatonin yang tinggi. Cobalah untuk tak mengonsumsi kafein di dalam waktu malam hari lantaran Anda tidak ada akan bisa saja tidur lebih tinggi nyenyak. Jadi, hindari minuman juga makanan berkafein pasca makan siang.

5. Olahraga
Melakukan aktivitas fisik secara teratur di siang hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga memiliki kemungkinan meningkatkan kadar melatonin. Namun, hindari olahraga berat mendekati waktu tidur, kata Dr Jain.

6. Manajemen stres
Tingkat stres yang membesar dapat menghambat produksi melatonin, sehingga mempraktikkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga dapat menghurangi stres lalu mengupayakan tidur yang dimaksud sehat.

7. Mandi air hangat
Di waktu malam hari, bersantai dengan mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kadar melatonin. Itu lantaran pada waktu tubuh rileks, kadar kortisol bisa saja turun. Hal ini pada gilirannya memungkinkan melatonin meningkat.

Artikel ini disadur dari 7 Cara Mudah Tidur Lebih Nyenyak, Coba Kontrol Kadar Melatonin