Kesehatan

7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat juga Rendah Purin

10
×

7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat juga Rendah Purin

Sebarkan artikel ini
7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat juga Rendah Purin

JAKARTA Lauk yang digunakan cocok untuk penderita asam urat tidak ada semata-mata sekadar nikmat tapi harus rendah purin. Pada dasarnya, penderita asam urat perlu memperhatikan jenis makanan yang tersebut merek konsumsi setiap hari.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengontrol kadar asam urat di tubuh. Pasalnya, asam urat adalah senyawa kimia yang digunakan terbentuk dari pemecahan zat senyawa purin pada tubuh. Purin merupakan senyawa alami yang dimaksud ditemukan pada beberapa makanan, salah satunya dalam lauk dan juga juga diproduksi oleh tubuh.

Ketika tubuh memecah purin, hasil akhirnya adalah asam urat. Kebanyakan asam urat larut pada darah serta dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, jikalau tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak ada dapat mengeluarkannya, kadar asam urat pada darah dapat meningkat.

Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat

Berikut daftar lauk yang dimaksud cocok untuk penderita asam urat dilansir dari Health Line, Hari Jumat (23/5/2024).

1. Daging Ayam Tanpa Kulit

Daging ayam tanpa dermis umumnya mempunyai kadar nukleotida yang tambahan rendah dibandingkan dengan daging merah. Pilihan bagian dada atau paha ayam tanpa dermis dapat berubah menjadi alternatif yang dimaksud baik.

2. Ikan yang tersebut Rendah Purin

Beberapa jenis ikan mempunyai kadar nukleotida yang mana lebih tinggi rendah. Seperti salmon, trout, juga ikan kakap. Pilihan ikan ini bisa saja menjadi lauk yang tersebut baik untuk penderita asam urat.

3. Tahu lalu Tempe

Tahu juga tempe merupakan sumber protein nabati yang tersebut baik kemudian rendah purin. Kedua jenis makanan ini dapat bermetamorfosis menjadi alternatif yang mana baik untuk menggantikan daging pada menu makanan.

Artikel ini disadur dari 7 Lauk yang Cocok untuk Penderita Asam Urat, Nikmat dan Rendah Purin