Berita

Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga pemilihan kepala daerah 2024

11
×

Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga pemilihan kepala daerah 2024

Sebarkan artikel ini
Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga pemilihan kepala tempat 2024

JAKARTA – Sikap urusan politik Partai Demokrasi Tanah Air Perjuangan (PDIP) bermetamorfosis menjadi koalisi atau oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditentukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP. Dalam rakernas itu, PDIP juga akan merumuskan langkah-langkah untuk menghadapi pemilihan kepala daerah Serentak 2024.

“Dilakukan suatu upaya merumuskan langkah-langkah konsolidasi ke depan, persiapan pilkada serentak kemudian juga sikap urusan politik yang tersebut akan disampaikan oleh partai,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di dalam Beach City Internasional Stadium Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Dia mengaku pihaknya sudah mempersiapkan rencana tahunan ini dengan cukup matang. Nantinya juga akan ada pidato kebijakan pemerintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga dilanjutkan pengarahan terhadap kader partai berlambang banteng ini oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Hari pertama akan disampaikan pidato kebijakan pemerintah Ibu Ketua Umum yang berubah jadi suatu arah kebijakan dalam di seluruh materi yang digunakan dibahas pada pada rakernas. Kemudian ada pengarahan dari Ketua DPR RI Mbak Puan,” katanya.

Sebagai Sekjen, Hasto juga akan menyampaikan laporan terhadap apa yang digunakan telah terjadi dijalankan oleh partai. Wadah Rakernas di hari pertama juga akan mendengarkan pandangan umum dari DPD partai yang telah terjadi mengakomodasi aspirasi dari arus bawah, baik di dalam tingkat anak ranting, hingga PAC partai.

Sebagai informasi, DPP PDIP akan mengadakan Rakernas ke-V Partai yang mana dilakukan pada 24-26 Mei 2024 ke Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’ dengan sub tema ‘Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya’.

Artikel ini disadur dari Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga Pilkada 2024