Kesehatan

7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran

11
×

7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran

Sebarkan artikel ini
7 Makanan yang dimaksud Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran

JAKARTA – Ancaman lemak darah lebih tinggi pasca-lebaran harus diwaspadai. Pasalnya, masakan Lebaran banyak mengandung lemak lalu bisa saja berisiko menaikan kadar kolesterol.

Tingginya lipid juga memicu beberapa komplikasi penyakit, seperti serangan jantung, hingga stroke.

Namun, tidak ada harus khawatir, ada beberapa cara untuk memulihkan kadar steroid kembali normal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat selerti buah-buahan dan juga sayuran

Penasaran, makanan apa cuma yang bisa saja menurunkan kadar lipid kemudian cocok dikonsumsi pasca lebaran? Simak informasinya, dilansir Harvard Health Publishing, Akhir Pekan (14/4/2024).

Makanan Penurun Kolesterol

1. Kedelai
Mengonsumsi kedelai kemudian olahannya, seperti tahu dan juga susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara ampuh menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih tinggi simpel – mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

2. Ikan berlemak
Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang tersebut mengandung lemak jenuh penambah LDL, juga dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL.

Omega-3 menghurangi trigliserida pada aliran darah kemudian juga melindungi jantung dengan membantu menghindari timbulnya irama jantung yang dimaksud tak normal.

3. Alpukat
Alpukat adalah satu-satunya buah yang digunakan mengandung lemak tak jenuh tunggal, dengan 5 gram per sepertiga ukuran alpukat.

Ini dapat membantu menurunkan kadar steroid LDL di darah Anda, yang tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan juga stroke.

4. Gandum
Selanjutnya ialah mengonsumsi gandum atau oatmeal. Gandum kaya akan serat yang mana dapat menurunkan kadar lemak darah.

Artikel ini disadur dari 7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran