Kesehatan

8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

26
×

8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

Sebarkan artikel ini
8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker

JAKARTA – Konsumsi makanan warna merah dipercaya menyimpan banyak faedah kesehatan. Makanan merah mengacu pada buah-buahan kemudian sayuran yang menunjukkan pigmen merah, khususnya sebab adanya senyawa seperti likopen, antosianin, serta betalain.

Senyawa di makanan berwarna merah berkontribusi terhadap warna cerah kemudian mengakibatkan beberapa jumlah khasiat kesehatan. Adapun makanan warna merah meliputi tomat, stroberi, paprika merah, ceri, semangka, delima, apel merah, raspberry lalu cranberry.

Gabungkan beragam makanan merah ke pada diet harian Anda, dengan target setidaknya dua hingga tiga porsi per hari. Namun harus diingat, konsumsi makanan berwarna merah secara berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa orang.

Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah

Berikut adalah kegunaan konsumsi makanan warna merah dilansir dari Health Shots, hari terakhir pekan (12/4/2024).

1. Bidang Kesehatan Jantung

Makanan berwarna merah, teristimewa tomat, mengandung likopen, yang tersebut dikenal mempunyai sifat pelindung jantung. Lycopene membantu menurunkan tekanan darah juga mengempiskan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam Bioscience Research menunjukkan bahwa potasium yang tersebut ditemukan di semangka, makanan merah lainnya, membantu memerangi penyakit jantung serta melindungi keseimbangan jantung.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan pada makanan merah memerangi radikal bebas. Makanan ini mungkin menurunkan risiko neoplasma tertentu, salah satunya neoplasma kelenjar susu dan juga prostat.

3. Mengoptimalkan Penglihatan

Buah berwarna merah seperti stroberi kemudian semangka kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Mereka meningkatkan kesehatan mata juga mengempiskan risiko degenerasi makula terkait usia.

Artikel ini disadur dari 8 Manfaat Konsumsi Makanan Warna Merah, Bisa Cegah Kanker