Teknologi

Program Hal ini Dongkrak Kenaikan Trafik Informasi IOH

Nadineworldwide.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 8,9 persen dibandingkan rata-rata periode hari normal.

“Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh kelompok Indosat dan juga mitra di dalam lapangan di melakukan konfirmasi tersedianya layanan telekomunikasi yang tersebut optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersatu keluarga lalu orang tercinta,” kata Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4 persen pada 24 Desember 2023 kemudian 8,9 persen pada 31 Desember 2023, dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.

Peningkatan trafik data yang tersebut signifikan di area masa liburan akhir tahun terlihat di tempat beberapa kota dalam Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, juga Tegal.

Sementara, di tempat luar Pulau Jawa, kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, juga Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang mana paling tinggi.

Pada waktu malam pergantian tahun, sistem digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, lalu TikTok berkontribusi besar di melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.

Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC). [Indosat Ooredoo Hutchison]
Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC). [Indosat Ooredoo Hutchison]

Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, juga PUBG turut memicu kenaikan trafik data.

Hal mirip juga ditemui pada sistem digital Indosat, myIM3 kemudian bima+, terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 jt pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga juga akses ke layanan on-demand.

Indosat telah lama meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas kemudian peningkatan kapasitas di dalam 527 titik.

Indosat juga sudah mengadakan uji coba jaringan pada jalur lalu wilayah yang digunakan diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, serta Balikpapan.

Aplikasi serta dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, serta Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan juga pengalaman digital pelanggan secara proaktif.

Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang tersebut terjadi dalam awal tahun 2024.

“Upaya Indosat di menjaga performa jaringan serta menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen spesial perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024, membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan serta memberdayakan warga Indonesia,” tutup Desmond.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button