Berita

Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesia yang mana Identik dengan TNI AD

12
×

Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesia yang mana Identik dengan TNI AD

Sebarkan artikel ini
Arti Baret Hijau Dalam Militer Negara Indonesia yang tersebut mana Identik dengan TNI AD

JAKARTA – Arti baret hijau dapat memberikan informasi terkait satuan yang tersebut ada pada TNI AD . Di TNI, baret memiliki warna yang berbeda-beda untuk setiap kesatuannya.

Baret merupakan topi berbentuk lingkaran pipih yang dimaksud berubah menjadi sebuah kebanggaan pasukan TNI. Untuk mendapatkan baret bagi individu prajurit tentu bukanlah perkara mudah.

Sebab, ada beberapa baret yang harus diperoleh melalui pelatihan keras. Dalam TNI, terdapat beberapa warna baret yang mana berubah menjadi identitas suatu kesatuan.

Misalnya, baret merah untuk kesatuan Kopassus, baret biru yang dikenakan Polisi Militer, baret jingga yang tersebut dipakai Korps Pasukan sepak bola Khas (Kopaskhas), hingga baret hitam yang digunakan digunakan pasukan Kavaleri.

Arti Baret Hijau

Tidak seperti baret berwarna lain yang tersebut penggunaannya khusus untuk kesatuan tertentu, baret hijau pada militer Indonesi ini sifatnya lebih lanjut umum.

Karena baret ini sejumlah digunakan di dalam lingkungan Markas Besar TNI AD, Markas Kodam, juga satuan teritorial seperti Kodim serta Koramil. Baret yang digunakan ini miliki warna hijau terang dengan simbol Kartika Eka Paksi yakni lambang burung Garuda dengan perisai Merah Putih serta satu bintang pada atasnya.

Selain itu, baret hijau juga digunakan kecabangan Infanteri dari tingkat Pusat Kesenjataan Infanteri (Pusenif) hingga tingkat pasukan yaitu Batalyon Infanteri.

Tidak belaka itu, satuan tempur terbesar TNI AD yaitu Kostrad juga turut menggunakan baret berwarna hijau. Namun, untuk satuan ini warna hijau yang digunakan cenderung lebih lanjut tua.

Karena itulah baret hijau sangat identik dengan matra TNI AD akibat berbagai kesatuan mereka yang digunakan menggunakan warna baret ini.

Artikel ini disadur dari Arti Baret Hijau Dalam Militer Indonesia yang Identik dengan TNI AD