Otomotif

Bersaing dengan Merek Jepang, Ducati Jadikan Thailand Kiblat Motor

13
×

Bersaing dengan Merek Jepang, Ducati Jadikan Thailand Kiblat Motor

Sebarkan artikel ini
Bersaing dengan Merek Jepang, Ducati Jadikan Thailand Kiblat Motor

BANGKOK – Ducati akan menggunakan Thailand sebagai salah satu pusat ekspornya. Keputusan yang disebutkan menyusul pengaktifan pabrik produksi Asia pertama lalu baru merek di dalam Rayong.

Pabrik senilai THB400 jt ini mempunyai kapasitas produksi 10.000 unit per tahun pada tahap pertama.

Chief Executive Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali mengatakan, “Thailand merupakan pangsa penting bagi kendaraan beroda dua motor premium, atau kendaraan beroda dua motor besar, serta kami ingin menjadikan Thailand sebagai basis ekspor kami.”

“Kami memproduksi setiap model sepeda gowes motor Ducati di dalam pabrik kami dalam Rayong. Kami memverifikasi produknya memenuhi standar besar yang digunakan ditetapkan oleh perusahaan induk di Italia,” tambahnya seperti dilansir dari Bangkok Post.

Pabrik yang dimaksud akan diawasi oleh Ducati Motor Thailand dan juga akan memasok bursa Asia-Pasifik. Tiongkok dulunya merupakan lingkungan ekonomi utama Ducati, namun penjualannya mengalami penurunan akibat resesi ekonomi.

Ducati memasarkan hampir 58.000 sepeda gowes motor tahun kemudian tetapi belum menetapkan target pelanggan untuk tahun 2024. Angka jualan akan ditentukan oleh perkembangan permintaan dan juga sentimen pasar, kata Domenicali.

Meski demikian, perdagangan sepeda gowes motor berkapasitas besar di Thailand diperkirakan akan meningkat.

Surapong Paisitpatanapong, delegasi ketua Federasi Industri Thailand (FTI) serta juru bicara Klub Industri Otomotif FTI, memperkirakan pemasaran sepeda gowes motor besar (sepeda motor pada menghadapi 400cc) dapat mencapai 15.000 unit tahun ini. Ia juga memaparkan produksinya juga akan ditingkatkan untuk memasok pangsa domestik serta internasional.

Produksi semua jenis kendaraan beroda dua motor dalam Thailand pada tahun 2023 meningkat sebesar 5,2% year-on-year menjadi 2,12 jt unit, dengan 1,7 jt di dalam antaranya untuk ekspor, menurut Industri Otomotif Thailand.

Thailand telah menjadi fokus beberapa produsen otomotif lalu kendaraan beroda dua motor besar salah satunya BMW, Honda, Kawasaki, Suzuki lalu Yamaha.

Artikel ini disadur dari Bersaing dengan Merek Jepang, Ducati Jadikan Thailand Kiblat Motor