Kesehatan

Bunda, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum ke Tempat Umum

11
×

Bunda, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum ke Tempat Umum

Sebarkan artikel ini
Bunda, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum ke Tempat Umum

JAKARTA – Tantrum merupakan ledakan perilaku yang mencerminkan respons disregulasi terhadap rasa frustasi pada anak.

Biasanya anak merasa tantrum ketika merasa tiada menyenangkan juga berada pada situasi yang mana tiada sesuai keinginannya. Mereka otomatis akan menunjukkan perilaku agresif sebagai respons kemarahannya.

Para pemukim tua kerap mengawasi anak-anak yang digunakan tantrum pada waktu pada tempat umum. Biasanya merekan akan merespons berbeda ketika menginginkan sesuatu, namun tak sesuai untuk usianya.

Respons anak-anak ini beragam, seperti teriak, menangis hingga guling-guling di dalam lantai. Kondisi ini terkadang menimbulkan pemukim tua serbasalah, jengkel hingga mengambil bagian marah terhadap sang anak. Lantas, bagaimana mengatasi anak yang digunakan tantrum pada waktu di dalam depan umum?

Dokter Spesialis Anak, DR Dr I Gusti Ayu Trisna Windiani, Sp.A(K) menjelaskan ketika anak tantrum di depan umum, sebaiknya penduduk tua meminta anak ke tempat yang tambahan sepi.

“Jangan biarkan anak tantrum dalam depan keramaian sehingga berubah menjadi tontonan banyak orang. Selamatkan dan juga amankan ia dari pendatang lain,” ujar dr Trisna di webinar IDI bertajuk Tantrum: Bagaimana Mencegah dan juga Mengatasinya? pada Selasa (23/4/2024).

Menurut dr Trisna, menghadapi anak yang mana tantrum memang sebenarnya penting kesabaran yang lebih. Jadi penduduk tua harus berikan waktu untuk anak meluapkan emosinya. Setelah emosinya sudah ada menurun, baru diberi pengertian.

“Ibu atau ayah dapat kasih tahu kalau misalnya mainan itu tiada cocok dengan usia si kecil. Kemudian dapat kasih pilihan untuk mainan lain,” tutur dia.

Dokter Trisna menjelaskan bahwa cara ini harus dikerjakan secara konsistensi agar anak sanggup mengontrol emosinya. Sebab, terkadang nenek atau kakeknya tidak ada tega yang justru memberikan apapun yang tersebut diinginkan oleh si anak di mana tantrum.

“Nantinya si anak akan memakai metode itu, oh kalau cara minta mainan harus nangis dulu, pasti nenek tidaklah tega,” ucap dia.

Artikel ini disadur dari Bunda, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum