Kesehatan

Cabut Gigi Atas Bisa Sebab Kebutaan, Mitos atau Fakta?

9
×

Cabut Gigi Atas Bisa Sebab Kebutaan, Mitos atau Fakta?

Sebarkan artikel ini
Cabut Gigi Atas Bisa Sebab Kebutaan, Mitos atau Fakta?

JAKARTA – Gigi yang mana rusak ataupun mengalami gangguan mental yang mana cukup parah biasanya disarankan untuk segera dicabut. Namun, masih berbagai warga yang takut untuk mencabut gigi.

Apalagi jikalau yang digunakan dicabut itu adalah gigi bagian atas. Sebab, berbagai rumor yang digunakan menyebutkan bahwa mencabut gigi menghadapi mampu memicu kebutaan.

Dokter Gigi drg. Irma Anindyta Chandra menyebutkan bahwa hal yang dimaksud adalah mitos belaka. Ia menjelaskan, mencabut gigi berhadapan dengan tidaklah akan memproduksi kebutaan sebab saraf gigi lalu mata tak terhubung.


“Mencabut gigi menghadapi tak menyebabkan kebutaan loh, akibat saraf gigi lalu saraf mata tak terhubung secara langsung. Meskipun saraf gigi memang sebenarnya menyebar hingga ke kepala, tapi sebarannya luas serta tak belaka berfokus pada mata atau otak saja,” kata drg. Irma, dikutipkan dari unggahan akun Instagram @drg_irma, Kamis (23/5/2024).

Drg. Irma mengungkapkan, meskipun saraf gigi dan juga mata mempunyai jaringan induk yang tersebut sama, namun apabila salah satu cabang saraf gigi mengalami kerusakan, maka tidaklah akan mempengaruhi cabang saraf lainnya.

“Walaupun berasal dari jaringan induk saraf yang mana sama, akan tetapi jikalau berlangsung kehancuran pada salah satu cabang saraf gigi, maka hal ini tidak ada akan mempengaruhi fungsi cabang saraf yang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut drg. Irma, apabila terjadi gangguan jiwa pada mata, itu biasanya lantaran infeksi pada gigi sudah ada meluas dan juga tak segera diobati. Jadi bukanlah dari prosedur pencabutan giginya.


Drg. Irma menyatakan bahwa infeksi gigi yang digunakan telah meluas kemudian parah tidak hanya saja mampu terjadi ke mata, melainkan pada hidung serta telinga juga.

“Adapun kemungkinan kelainan pada mata, tetapi itu tidak sebab proses pencabutan gigi, melainkan infeksi gigi yang dimaksud telah meluas. Bahkan dampaknya bisa saja terbentuk pada hidung, telinga, juga mata. Tapi belum tentu juga menyebabkan kebutaan,” jelas drg. Irma.

Oleh karenanya, jangan pernah meremehkan lubang pada gigi Anda. Sebab lubang yang dimaksud bisa jadi berubah menjadi pintu masuk beraneka macam bakteri yang dimaksud memicu infeksi.

Maka sebaiknya segera konsultasikan terhadap dokter apabila Anda miliki lubang gigi dan juga mengobatinya sesuai prosedur dokter.

Artikel ini disadur dari Cabut Gigi Atas Bisa Sebab Kebutaan, Mitos atau Fakta?