Kesehatan

Simptom dan juga Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas juga Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran

9
×

Simptom dan juga Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas juga Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran

Sebarkan artikel ini
Simptom serta juga Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas juga Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran

JAKARTA – Libur lebaran 2024 akan segera berakhir. Biasanya, hal ini memproduksi beberapa pendatang merasa tak bersemangat untuk kembali beraktivitas ataupun bekerja.

Ternyata, keadaan yang disebutkan kerap dikaitkan dengan post holiday blues. Sindrom yang juga dikenal dengan istilah vacation blues ini merupakan perasaan negatif yang tersebut kerap muncul usai liburan.

Lantas, apa itu post holiday blues lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya, dilansir dari bervariasi sumber, Mulai Pekan (15/4/2024).


Post holiday blues adalah sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang digunakan menyenangkan selama liburan juga merangsang otak untuk beristirahat. Perasaan kaget lalu resah sebab liburan sudah usai juga harus kembali ke aktivitas sehari-hari juga merupakan penggerak post holiday blues.

Gejala post holiday blues sangat bervariasi, antara lain tiada bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari serta rasa malas. Gejalanya juga sanggup berbentuk bukan antusias dengan lingkungan tempat beraktivitas, rasa lelah berkepanjangan, gelisah, emosional, sakit kepala, insomnia, stres, bahkan depresi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi post holiday blues.

1. Istirahat Cukup

Salah satu cara menangani post holiday blues adalah istirahat yang digunakan cukup. Anda harus meyakinkan jam tidur di sehari telah lama cukup agar tiada memicu insomnia yang tersebut berisiko membesar terhadap depresi lalu gangguan mental kecemasan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Anda juga sanggup mengonsumsi makanan yang tersebut mampu menurunkan rasa stres, seperti ikan, dark chocolate, juga teh hijau.

3. Buat Rencana Aktivitas Seru

Agar Anda bisa saja melupakan rasa kesepian maupun kehilangan, cobalah memproduksi rencana aktivitas untuk beberapa hari ke depan. Misalnya buat program bertemu dengan teman. Sebab, berinteraksi atau bersosialisasi secara segera adalah hal penting untuk meningkatkan mood.

4. Olahraga

Faktanya, olahraga bisa saja mengempiskan gejala kecemasan yang mana muncul tiba-tiba. Perlu diketahui, kecemasan berhubungan dengan adrenalin kemudian kortisol yang digunakan menghasilkan otot menegang.

5. Minta Bantuan Profesional

Jika Anda merasa gejala post holiday blues terus berlanjut kemudian tak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya seperti psikolog.

Anda mampu menceritakan gejala yang dimaksud dirasakan sehingga psikolog akan memberi solusi yang mana tepat terhadap keluhan kebugaran mental Anda.

Artikel ini disadur dari Gejala serta Cara Atasi Post Holiday Blues, Kondisi Cemas dan Tidak Bersemangat Pascalibur Lebaran