Berita

Hasto: Politik Seperti Olahraga, Tidak Kenal Jalan Pintas

9
×

Hasto: Politik Seperti Olahraga, Tidak Kenal Jalan Pintas

Sebarkan artikel ini
Hasto: Politik Seperti Olahraga, Tidak Kenal Jalan Pintas

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Tanah Air Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memaparkan estafet Obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam terhadap Ketua Area Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun, Kamis (23/5/2024). Penyerahan obor api itu pada rangka menyemarakkan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP ke Ancol, Ibukota Indonesia pada 24-26 Mei 2024.

Dalam kesempatan itu, Hasto mengapresiasi para atlet pelari yang sudah pernah berjuang mengakibatkan obor perjuangan yang digunakan bersumber dari Api Abadi Mrapen, Wilayah Grobogan, Jawa Tengah. Semangat para pelari itu, diibaratkan Hasto bagai keberadaan urusan politik dalam negeri ini.

Dia menuturkan, kebijakan pemerintah tak terpencil seperti pertandingan olahraga. Semua pihaknya yang tersebut mengambil bagian berkontestasi pada urusan politik wajib menjunjung sportifitas layaknya pertandingan olahraga.

Atlet kemudian politisi yang baik, juga tidaklah akan mengenal jalan pintas. Semua membutuhkan langkah-langkah dari 0 hingga berhasil sukses.

“Semoga ini menggelorakan semangat sportivitas lantaran kebijakan pemerintah harus belajar dari olahraga, urusan politik rutin diwarnai oleh ambisi kekuasaan, urusan politik banyak diwarnai oleh jalan pintas, olahraga bukan mengenal jalan pintas tak mengenal kebijakan pemerintah karbitan,” ujar Hasto.

Dia menambahkan, kontestasi kebijakan pemerintah pada pilpres sebenernya dipimpin oleh wasit yang mana harus bersikap netral. “Di di olahraga semua taat pada aturan main. Di pada olahraga wasit pun netral. Di di olahraga, sportivitas dikedepankan, tiada ada yang tersebut curang tanpa diketahui oleh wasit,” sambungnya.

Oleh sebab itu, kata Hasto ke berada dalam kegelapan demokrasi, para politikus bisa saja belajar dari olahraga. Kendati demikian, beliau merasa percaya seluruh anak bangsa mampu memulai pembangunan jiwa sportivitas seperti olahraga.

“Kita percaya pada anak-anak bangsa bahwa mereka lebih lanjut suka mengejar prestasi meskipun harus jatuh bangun ke pada keyakinan, itulah PDI Perjuangan belajar dari setiap kejadian kebijakan pemerintah serta kali ini kita belajar dari globus olahraga,” sambungnya.

Sebagai informasi, DPP PDIP akan mengadakan Rakernas ke-V Partai yang mana dilakukan pada 24-26 Mei 2024 pada Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema ‘Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang’ dengan sub tema ‘Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya’.

Artikel ini disadur dari Hasto: Politik Seperti Olahraga, Tidak Kenal Jalan Pintas