Ekonomi

Indonesia Tetap Harus Perkuat Alutsista Meski Tak Ada Perang, Hal ini Alasannya!

27
×

Indonesia Tetap Harus Perkuat Alutsista Meski Tak Ada Perang, Hal ini Alasannya!

Sebarkan artikel ini
Indonesia Tetap Harus Perkuat Alutsista Meski Tak Ada Perang, Hal ini Alasannya!

Nadineworldwide.com – Pernyataan Cak Imin beberapa waktu lalu tentang mengapa Indonesia selalu membeli alutsista meskipun tidaklah di keadaan peperangan menuai berbagai opini pro lalu kontra. Tapi tahukah Anda sebenarnya alasan Indonesia harus tetap memperlihatkan pembaruan alutsista walaupun tak perang?

Secara statistik, Indonesia merupakan importir alutsista kelima terbesar di area dunia pada tahun 2021 lalu, dengan total nilai operasi mencapai US$67,6 juta. Belanja ini dilaksanakan pada rangka modernisasi alat utama sistme persenjataan TNI, serta gelontoran dana yang tersebut diberikan juga tiada kecil.

Alasan Pembaruan Alutsista

Kenaikan anggaran Kementerian Perlindungan pada tahun 2020-2024 disepakati, serta naik sebesar Rp61,7 triliun. Penambahan ini diajukan dengan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah modernisasi atau pembaruan alutsista.

Ada beberapa alasan yang dimaksud kemudian disampaikan oleh pihak Kementerian Defense terkait dengan pembaruan alutsista negara ini.

Pertama adalah untuk menguatkan pertahanan kemudian menjaga kedaulatan NKRI. Hal ini muncul akibat adanya pencurian sumber daya alam serta gangguan kedaulatan dalam beberapa wilayah RI lalu tindakan yang diambil sangat minim.

Kedua, sebagai pernyataan tegas bahwa bangsa Indonesia berdaulat serta bukan boleh diremehkan oleh negara tetangga atau orang asing yang digunakan seenaknya masuk ke wilayah RI, baik melalui jalur darat, udara, atau laut. Hal ini yang mana kerap menjadi dalang pencurian SDA negara Indonesia.

Ketiga, situasi geopolitik kemudian geostrategis pada waktu ini sedang mengalami dinamika lalu gejolak, sehingga antisipasi pada risiko terburuk tetap saja harus disiapkan agar Indonesia senantiasa mempunyai sistem pertahanan yang dimaksud solid untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Jadi secara mendasar, pembaruan alutsista ini penting untuk menjaga kedaulatan NKRI di area setiap wilayahnya, sehingga sumber daya alam yang digunakan dimiliki dapat secara maksimal dimanfaatkan oleh penduduk kemudian warga Indonesia.

Pertanyaan dari Cak Imin tentang Alokasi Dana untuk Alutsista

Pada sebuah kesempatan Cak Imin mempertanyakan hal ini. Mengapa sebenarnya pembaruan alutsista terus diadakan sedangkan kondisi Indonesia tidak ada sedang berperang, kira-kira demikian pertanyaan yang dimaksud diajukannya.

Beliau sendiri menyatakan apabila seharusnya uang negara dialokasikan untuk hal yang mana diperlukan masyarakat, seperti misalnya alat-alat pertanian untuk petani agar dapat memproduksi substansi pangan secara efektif juga memenuhi permintaan di negeri.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

(Sumber: Suara.com)