Berita

Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan

9
×

Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan

Sebarkan artikel ini
Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan

JAKARTA – Bencana longsor juga banjir bandang lahar dingin terjadi di Kota Agam dan juga Kota Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) beberapa Waktu lalu. Kejadian ini mengakibatkan 60 khalayak tambahan meninggal juga 20 lainnya masih hilang.

Merespons bencana Sumbar ini, IPDN Kemendagri melalui Rektor IPDN, Prof Hadi Prabowo terjun dengan segera mengunjungi korban bencana, sama-sama 100 khalayak praja kampus Sumbar serta perwakilan pejabat IPDN lainnya, Kamis 23 Mei 2024.

“Setelah mengetahui bencana yang dimaksud terbentuk kami segera melakukan rapat internal untuk dapat menyusun rencana di mempersiapkan bantuan terhadap penduduk ke sini,” kata Hadi di keterangannya, Hari Jumat (23/5/2024).

“Alhamdulillah terkumpul dana sekitar Rp720.000.000 dari sumbangan para pimpinan IPDN serta seluruh sivitas akademika pada seluruh kampus IPDN,” tambahnya.

Hadi juga turut berbelasungkawa berhadapan dengan terjadinya bencana alam ini. “Semoga komunitas Sumatra Barat khususnya yang digunakan berada ke Kota Agam dan juga Daerah Tanah Datar dan juga seluruh masyarakat terdampak sanggup kembali bangkit kemudian melanjutkan hidup dengan penuh semangat,” ujar Hadi

Kemudian sambung Hadi, banyak uang yang dimaksud dibagi untuk Kota Tanah Datar serta Daerah Agam dengan nominal per individu Rp360.000.000.

“Yang kemudian dibelikan beberapa perlengkapan atau logistik yang mana diperlukan oleh para individu yang terjebak bencana,” ujar Hadi.

Hadi melanjutkan, bantuan yang dimaksud berbentuk beragam macam barang juga keperluan bagi orang yang terluka bencana.

“Sembako seperti beras 2 ton, minyak goreng 2 ton, gula 3 kwintal, mie instan, biskuit, susu, teh, juga lain-lain, juga bantuan sebagai keperluan bayi, perlengkapan dapur, perlengkapan ibadah, alat kurve, obat-obatan, perlengkapan tidur, pakaian lalu perlengkapan sekolah. Total ada delapan truk serta dua mobil L 300 yang mana berisi bantuan logistik untuk masyarakat,” ungkapnya.

Bantuan kemanusiaan ini secara simbolis diserahkan segera oleh Rektor IPDN untuk Pimpinan Daerah Daerah Tanah Datar serta Kepala Daerah Daerah Agam untuk kemudian didistribusikan untuk penduduk terdampak bencana.

Seperti yang mana diketahui selain mengakibatkan puluhan orang yang terluka jiwa meninggal serta hilang. Bencana yang disebutkan mengakibatkan kehancuran dan juga menghanyutkan banyak unit rumah warga, juga kehancuran sarana prasarana lainnya.

Artikel ini disadur dari Peduli Bencana Sumbar, IPDN Kemendagri Serahkan Sejumlah Bantuan