Kesehatan

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Hal ini Rekomendasi Dokter Agar Tidak Kelelahan dalam Jalan

10
×

Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Hal ini Rekomendasi Dokter Agar Tidak Kelelahan dalam Jalan

Sebarkan artikel ini
Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Hal ini Rekomendasi Dokter Agar Tidak Kelelahan di Jalan

JAKARTA Puncak arus balik Lebaran 2024 dimulai pada hari ini, Hari Minggu (14/4/2024) hingga Hari Senin (15/4/2024). Hal ini merupakan momen yang dimaksud seringkali diwarnai dengan kepadatan tak lama kemudian lintas dan juga perjalanan yang panjang.

Agar tidaklah kelelahan di jalan selama puncak arus balik Lebaran 2024 , Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak memberikan beberapa tips untuk para pemudik. Salah satunya dengan melakukan peregangan.

“Pasti temen-teman yang dimaksud mudik ngerasain sakit leher, kaku juga pinggang yang mana pegel. Nah dengan kamu lakukan gerakan-gerakan mudah-mudahan ini dapat membantu kamu teristimewa yang dimaksud nyetir biar nggak gampang sakit pinggang,” tulis dr Kevin dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Mingguan (14/4/2024).

“Dan tetep seger bagaimanapun juga menempuh perjalanan yang digunakan super macet ini,” tambahnya.

Pertama, berikan dukungan pada tubuh. Duduk dengan postur yang mana baik lalu berikan dukungan tambahan pada tubuh Anda dengan bantal atau penyangga leher. Hal ini dapat membantu mengempiskan ketegangan pada otot-otot leher lalu punggung.

Kemudian, lakukan peregangan ringan. Selama berhenti di berada dalam kemacetan, manfaatkan waktu untuk melakukan peregangan ringan. Peregangan simpel untuk leher, bahu, dan juga punggung dapat membantu mengempiskan kekakuan otot dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

“Tarik leher ke samping dengan tangan direnggangkan ke samping. Jangan lupa dorong dagu ke atas,” jelasnya.

“Terus kebawah selama lima detik, pinggangnya jangan lupa ke kiri. Terus ke kanan selama 15 detik,” sambungnya.

Para pemudik disarankan ubah tempat secara berkala. Hindari duduk di tempat yang tersebut mirip terlalu lama. Sesekali, ubah tempat duduk Anda atau berdiri sejenak untuk mengempiskan tekanan pada tubuh Anda.

Selama perjalanan kembali dari kampung halaman, pastikan istirahat secukupnya. Jika memungkinkan, manfaatkan waktu berhenti untuk istirahat sejenak. Duduk atau berbaring ke tempat yang dimaksud senyaman kemudian rapatkan mata untuk beristirahat sebentar.

Artikel ini disadur dari Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Ini Saran Dokter Agar Tidak Kelelahan di Jalan