Lifestyle

Sering Dilakukan Abdi MasterChef Indonesia, Apakah Boleh Mencuci Daging Pakai Sabun?

Nadineworldwide.com – Konten memasak yang tersebut dibuat oleh Abdi MasterChef Indonesia season 10 menuai perhatian netizen. Pasalnya, koki yang mana akrab disapa King Abdi itu memiliki cara sendiri di membersihkan daging.

Dilihat dari unggahan TikTok miliknya, Abdi terbilang rutin mencuci daging ayam, sapi, hingga ikan dengan menggunakan sabun sebelum dimasak. Lalu, apakah boleh mencuci daging memakai sabun seperti Abdi MasterChef? Simak ulasan berikut.

Bolehkan Mencuci Daging Mentah?

Selama ini kemungkinan besar masih sejumlah orang yang tersebut mencuci daging mentah sebelum diolah. Tapi sebenarnya, hal itu tiada dianjurkan untuk dilakukan, lho. Sudah berbagai artikel yang dimaksud mendiskusikan perihal larangan mencuci daging mentah.

Penelitian Departemen Pertanian Amerika (USDA) menyebutkan mencuci ataupun membilas daging mentah meningkatkan kontaminasi silang (cross-contamination) di dalam dapur. Ini adalah sanggup menyebabkan munculnya penyakit bawaan makanan.

Pernyataan sejenis juga disampaikan oleh orang ahli diet klinis bernama Anya Hill. Dalam artikel yang dimaksud dimuat oleh Mayo Clinic, Anya Hill mengingatkan untuk bukan mencuci daging mentah sebelum mengolahnya.

“Beberapa orang berpikir bahwa dia seharusnya mencuci daging juga ayam sebelum dimasak. Saya menyarankan untuk tidaklah mencucinya lantaran itu beresiko menyebarkan bakteri ke dapur serta badan Anda sendiri,” kata Anya Hill, diambil pada hari terakhir pekan (5/1/2024).

Bahaya Mencuci Daging Memakai Sabun

Ilustrasi daging beku (freepik)
Ilustrasi daging mentah (freepik)

Artikel terbitan Departemen Pertanian Amerika (USDA) juga menyinggung mengenai larangan mencuci daging menggunakan sabun atau deterjen. Ini adalah dapat mencemari makanan dengan komponen kimia yang digunakan justru membuatnya tak aman untuk dikonsumsi.

Larangan mirip juga disampaikan melalui artikel di area laman pelatihan bersertifikat, 360training. Disebutkan bahwa mencuci menggunakan sabun adalah pilihan terburuk di membesihkan daging.

“Anda juga akan mengkontaminasi makanan dengan unsur kimia yang digunakan dapat menghasilkan Anda sakit. Faktanya Anda juga bukan boleh menggunakan sabun pada buah atau sayuran dikarenakan alasan yang dimaksud sama,” bunyi keterangan pada artikel 360training.

Cara Menyiapkan Daging yang digunakan Benar

Ilustrasi mencuci daging ayam (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci daging ayam (Shutterstock)

Alih-alih mencuci, ada langkah lain yang mana lebih lanjut baik lalu minim risiko kebugaran untuk menyiapkan daging mentah sebelum dimasak. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan talenan juga pisau yang mana digunakan pada keadaan bersih.
  • Jika ingin menghurangi darah atau cairan lain, tepuk-tepuk daging mentah menggunakan tisu lalu segera buang.
  • Segera cuci serta sterilkan pisau dan juga talenan yang tersebut dipakai untuk memotong daging mentah.
  • Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun selama 20 detik.
  • Masak daging hingga suhu tertentu untuk membunuh bakteri di tempat dalamnya. Suhu yang digunakan disarankan untuk memasak daging adalah 160°F (daging giling), 165°F (semua unggas, termasuk ayam), juga 145°F (daging lain termasuk sapi, babi, domba, ikan, makanan laut)

USDA juga merekomendasinya untuk menyiapkan materi makanan lain sebelum mengolah daging. Hal ini untuk menimalisir kemungkinan komponen makanan yang disebutkan terkontaminasi daging mentah.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button