Ekonomi

Strategi 4K pada Kaltim berhasil kendalikan pemuaian

6
×

Strategi 4K pada Kaltim berhasil kendalikan pemuaian

Sebarkan artikel ini
Strategi 4K pada Kaltim berhasil kendalikan pemuaian

BI bersatu TPID Kaltim akan terus berkolaborasi pada menjalankan acara pengendalian pemuaian melalui strategi 4K, lantaran strategi ini sangat efektif.

Samarinda –

Strategi 4K (Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, kemudian Komunikasi efektif) yang ditetapkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kalimantan Timur (TPID Kaltim) berhasil mengendalikan inflasi, sehingga sepanjang Juni terbentuk deflasi meskipun ada Idul Adha.

 

"Bank Tanah Air bersatu TPID Kaltim akan terus berkolaborasi di menjalankan inisiatif pengendalian pemuaian melalui strategi 4K, dikarenakan strategi ini sangat efektif," kata Kepala Perwakilan Bank Nusantara (BI) Provinsi Kaltim Budi Widihartanto, di dalam Samarinda, Selasa.
 
Berkat kegiatan itu, maka indeks biaya konsumen (IHK) di dalam Kaltim periode Juni 2024 tercatat mengalami deflasi (penurunan harga) 0,05 persen ketimbang bulan sebelumnya, sehingga secara tahunan melandai berubah menjadi 2,99 persen, sejalan dengan naiknya harga nasional yang dimaksud lebih besar rendah dari periode sebelumnya.

 

Pada Juni 2024, penurunan harga jual utamanya disumbangkan oleh kelompok makanan, minuman, dan juga tembakau yang mana mengalami deflasi sebesar 0,18 persen (mtm) dengan andil deflasi sebesar 0,05 persen (mtm).

 

Budi yang digunakan juga Wakil Ketua I TPID Kaltim ini melanjutkan, strategi 4K menjadi dominan lantaran melalui pola ini menyebabkan pemuaian terkendali, sehingga diharapkan dapat berubah menjadi kesempatan perkembangan kegiatan ekonomi tempat menuju rakyat yang tersebut lebih lanjut sejahtera.

 

Ia melanjutkan, di dalam antara giat 4K itu adalah melalui Aksi Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang tersebut melibatkan beragam pihak terkait, baik dalam tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota yang tersebut tersebar dalam Kaltim, yakni pergerakan ini diwujudkan berkala di dalam beberapa daerah.

 

Sementara sebagai langkah menegaskan ketersediaan pangan, otoritas Daerah Perkotaan Samarinda kontinu mendistribusikan beras dari Cadangan Pangan pemerintahan (CPP) untuk seluruh kelurahan pada Samarinda, salah satunya penyaluran beras Stabilisasi Pasokan lalu Harga Pangan (SPHP) oleh Bulog ke kios penyeimbang naiknya harga di dalam Pasar Segiri lalu Pasar Merdeka.

 

Ada pula upaya untuk melindungi keterjangkauan tarif merupakan pangsa murah, baik ke Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, serta Pusat Kota Balikpapan. Sidak pangsa juga dikerjakan ke Samarinda juga Kutai Kartanegara.

 

Sebagai penguatan komunikasi efektif, imbauan belanja bijak pun diserukan untuk menjaga ekspektasi masyarakat, kemudian komunikasi antar-TPID melalui rapat koordinasi untuk mengambil langkah konkret pengendalian inflasi.

 

"Bahkan pada waktu dijalankan TPID Award 2024 pada Juni di dalam Jakarta, Kutai Kartanegara terpilih bermetamorfosis menjadi Daerah Berprestasi pada Wilayah Kalimantan, lantas Provinsi Kaltim peringkat 2 Provinsi Terbaik di Kalimantan, serta Samarinda mendapat peringkat 2 Kabupaten/Kota Terbaik Wilayah Kalimantan," kata Budi pula.

Artikel ini disadur dari Strategi 4K di Kaltim berhasil kendalikan inflasi