Olahraga

Timnas Indonesia Berambisi Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan

6
×

Timnas Indonesia Berambisi Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan

Sebarkan artikel ini
Timnas Indonesia Berambisi Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan

JAKARTA – Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong , memberikan pandangannya mengenai seberapa pentingnya Piala AFF. Bukan maksud mengesampingkan kompetisi tersebut, namun Shin Tae-yong menyampaikan kalau Piala AFC juga Piala Planet lebih banyak besar untuk diperjuangkan.

Untuk diketahui, Piala AFF 2024 akan berlangsung pada 23 November sampai 21 Desember mendatang. Di kompetisi tersebut, Timnas Nusantara tergabung pada Grup B dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, kemudian Laos.

Timnas Nusantara sendiri sebanding sekali belum pernah meninggalkan sebagai juara di event se Asia Tenggara itu. Bisa jadi, ini berubah menjadi kesempatan Skuad Garuda mencatatkan data sejarah. Namun, Shin Tae-yong mengaku bukan dapat menjawab secara rinci mengenai seberapa penting Piala AFF.

“Jujur enggak tahu (Piala AFF harus diraih atau tidak). Tapi yang pastinya AFC lebih lanjut besar dari AFF,” kata Shin Tae-yong terhadap wartawan salah satunya MNC Portal Indonesia, Selasa (28/5/2024).

Juru taktik dengan syarat Korea Selatan itu menyampaikan terhadap seluruh fans Timnas Indonesi untuk bukan terlalu berpatok pada Piala AFF. Pasalnya, ia merasa kalau Piala Asia kemudian Piala Planet adalah tujuan terpenting untuk diraih Skuad Garuda.

“Saya mohon terhadap semua pihak jangan terkurung belaka ke piala AFF saja,” tuturnya.

“Tapi ya kita majukan diri kita supaya kita bisa jadi meninjau yang lebih lanjut besar seperti AFC atau FIFA (piala dunia),” terang Shin Tae-yong.

Timnas Negara Indonesia pada waktu ini sedang bersiap untuk menjalani dua pertandingan lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Global 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan berjuang melawan Irak pada (6/6/2024) dan juga Filipina (11/6/2024) dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesi punya kesempatan sangat besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 sekaligus otomatis lolos Piala Asia 2027. Mereka hanya sekali butuh satu kemenangan pada laga kontra Irak lalu Filipina.

Sebelum melakoni dua pertandingan penting itu, Timnas Nusantara akan bertarung dengan Tanzania sebagai laga uji coba. Pertarungan yang dimaksud dijadwalkan berlangsung dalam Stadion Madya, Senayan, Hari Minggu (2/6/2024).

Artikel ini disadur dari Timnas Indonesia Berambisi Juara Piala AFF 2024, Shin Tae-yong Beri Respons Mengejutkan