Berita

Tingkatkan Kemakmuran Masyarakat, Akses Dunia Maya Diharapkan Diperluas

10
×

Tingkatkan Kemakmuran Masyarakat, Akses Dunia Maya Diharapkan Diperluas

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kemakmuran Masyarakat, Akses Planet Maya Diharapkan Diperluas

JAKARTA – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata hingga di dalam pelosok daerah, pemerintah diminta perluas akses internet di dalam seluruh area pedalaman. Perspektif ini disampaikan lewat studi Lembaga Demografi Fakultas Perekonomian serta Bisnis Universitas Indonesi (LD FEB UI).

Kepala Lembaga Demografi FEB UI, I Gede Dewa Karma Wisana mengatakan, studi ini bertajuk Kontribusi Penetrasi Jaringan Internet Telkomsel Terhadap Perekonomian Indonesia.

“Studi yang tersebut dilaksanakan selama periode kuarter 3 tahun 2023 hingga kuarter 1 tahun 2024 ini menggabungkan metodologi kuantitatif lalu kualitatif, untuk mengukur secara mendalam dampak positif internet Telkomsel terhadap lanskap perekonomian digital Indonesia,” kata Dewa pada keterangannya, Hari Sabtu (18/5/2024).

Dijelaskan Dewa, pihaknya memberikan kesimpulan juga rekomendasi agar akses internet yang tersebut disediakan sangat membantu memberdayakan warga khususnya pelaku usaha, dan juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan serta kesejahteraan penduduk Indonesia.

“Memperluas jangkauan akses ke wilayah-wilayah yang digunakan masih tertinggal, teristimewa ke wilayah pedesaan juga terpencil,” ucapnya.

Kemudian kata Dewa, peningkatan kualitas infrastruktur untuk menegaskan kecepatan juga stabilitas internet yang tersebut optimal.

“Peningkatan literasi digital masyarakat untuk memaksimalkan faedah internet pada beraneka aspek kehidupan,” tuturnya.

“Pengembangan kebijakan yang kondusif untuk mengupayakan perkembangan dunia usaha digital yang digunakan inklusif kemudian berkelanjutan,” tutupnya.

Artikel ini disadur dari Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Akses Internet Diharapkan Diperluas