Berita

Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

13
×

Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Sebarkan artikel ini
Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi

Jakarta, CNBC Indonesia – Argentina resmi masuk terjun ke jurang resesi. Mengutip Trading Economics, negara itu mencatat kontraksi atau kegiatan ekonomi negatif 5,1% di kuartal pertama (Q1) 2024.

Perlu diketahui resesi adalah turunnya perekonomian dua kuartal berturut-turut atau lebih banyak di satu tahun atau lebih. Sebelumnya Pendapatan Domestik Bruto Argentina pada kuartal terakhir 2023 (Q4) konstraksi 2,6% dan juga ini menyebabkan negeri itu sah memasuki resesi teknis.

Hal ini diyakini sebagai dampak penghematan yang digunakan dikerjakan pemerintah Presiden Javier Milei, yang dimaksud mulai menjabat pada bulan Desember. Ia menghentikan semua proyek pekerjaan umum baru sebagai bagian dari upayanya untuk memangkas pengeluaran.

Sektor pembangunan turun 19% sementara sektor manufaktur turun sebesar 13,7%. Konsumsi swasta turun 6,7% sementara konsumsi umum turun 5%.

Impor juga merosot sebesar 20,1%. Bidang yang digunakan meningkat cuma ekspor 26,1%.

Milei sendiri memang benar sudah mendeklarasikan dirinya sebagai “anarko-kapitalis” pada waktu pertama menjabat. Ia berjanji mengambil tindakan terhadap pengeluaran berlebihan selama beberapa dekade serta mengendalikan kenaikan harga yang tersebut sempat mencapai tiga digit.

Mei lalu, kenaikan harga memang sebenarnya mencapai 4,2%, titik terendah di dua setengah tahun. Namun kemerosotan perekonomian besar-besaran terjadi.

Di awal pemerintahan, mengutip AFP, Milei memotong setengah kabinet. Ia juga memangkas 50.000 pekerjaan publik, menghapuskan subsidi unsur bakar (BBM) lalu transportasi, serta mendevaluasi peso secara tajam.

Badan statistik Argentina, INDEC, mengungkapkan bahwa 7,7% penduduk pekerja merupakan pengangguran, naik 0,8 poin persentase dibandingkan periode yang dimaksud identik tahun lalu. Diyakini 300.000 pendatang baru menganggur sejak kuartal sebelumnya.

Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perekonomian Argentina akan mengalami kontraksi sebesar 2,8% tahun ini. Hal ini pasca penurunan sebesar 1,6% pada tahun 2023.

Artikel ini disadur dari Tok! Argentina Resmi Masuk ke Jurang Resesi