Kesehatan

Waspada Holiday Blues pasca Lebaran, Rasa Sedih ketika Liburan Berakhir

11
×

Waspada Holiday Blues pasca Lebaran, Rasa Sedih ketika Liburan Berakhir

Sebarkan artikel ini
Waspada Holiday Blues pasca Lebaran, Rasa Sedih pada saat Liburan Berakhir

JAKARTA Holiday blues bermetamorfosis menjadi status yang mana harus diwaspadai mendekati libur Lebaran yang digunakan akan segera berakhir. Kondisi ini juga dikenal dengan holiday depression.

Dilansir dari Verywell Mind, Hari Sabtu (13/4/2024), holiday blues berlangsung pada saat seseorang merasakan kesedihan, kesepian, kecemasan, hingga depresi lantaran liburan sudah pernah berakhir.

Hal ini dikarenakan bisanya, seseorang terlalu bahagia ketika menyambut liburan. Sehingga saat waktunya telah dilakukan berakhir, muncul berubah-ubah perasaan tersebut. Meski begitu, kondisi ini bukanlah permasalahan mental yang dimaksud serius.

Namun tak dipungkiri berbagai khalayak yang tersebut bisa saja mengalami holiday blues dan juga apabila kondisi yang dimaksud mengganggu produktivitas kemudian keseharian Anda. Oleh karen itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog.

Cara Mengatasi Holiday Blues

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi holiday blues. Salah satunya dengan tiada mengisolasi diri. Mengisolasi diri dari lingkungan sosial dapat berubah menjadi factor risiko utama depresi.

Hal ini oleh sebab itu kesedihan kerap kali menimbulkan Anda ingin sembunyi sendiri di dalam rumah. Namun, hal yang dimaksud bisa jadi memproduksi Anda semakin berpikir berlebihan yang justru bisa jadi memperparah kondisi.

Tak cuma itu, Anda juga mampu mengalihkan rasa sedih dengan olahraga. Dengan olahraga secara teratur, secara tak segera tubuh melepas stres lalu hormon endorfin yang dimaksud dapat memberikan energi positif pada tubuh.

Jika Anda merasa beberapa gejala seperti inovasi mood yang drastis, sederhana lelah, dan juga merasa cemas, maka dapat luangkan waktu untuk bersantai sejenak. Anda sanggup mulai melakukan bermacam kegiatan yang mana disukai, seperti membaca buku, menonton, atau bahkan yoga pada rumah.

Selain itu, Anda juga dapat meminta teman, keluarga atau bahkan pendatang terkasih untuk menemani Anda dan juga berubah jadi teman ngobrol demi menurunkan rasa stres lalu cemas.

Artikel ini disadur dari Waspada Holiday Blues setelah Lebaran, Rasa Sedih saat Liburan Berakhir