Ekonomi

2,1 Juta Kendaraan Lewati Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024

12
×

2,1 Juta Kendaraan Lewati Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024

Sebarkan artikel ini
2,1 Juta Kendaraan Lewati Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024

JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih banyak dari 2,1 jt kendaraan melintas di dalam Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama periode Lebaran. Jumlah yang disebutkan merupakan akumulasi dari 9 ruas Tol Trans Sumatera yang digunakan sudah dioperasikan kemudian 2 ruas fungsional selama 3 April hingga 21 April 2024.

Executive Vice President Sekretaris Organisasi Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengungkapkan jumlah agregat kendaraan yang melintas meningkat 75% dari Volume Lalu Lintas (VLL) normal atau mengalami peningkatan 35% (YoY). “Angka yang dimaksud menunjukkan antusiasme pemudik untuk menjadikan Tol Trans Sumatera sebagai pilihan jalur mudik menuju kampung halaman,” ungkap Adjib di pernyataan resmi, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik, Termahal Jadi Rp29.500

Berdasarkan laporan, puncak arus mudik berjalan pada H-4 Lebaran dengan 115.064 kendaraan melintas sedangkan puncak arus balik berjalan pada H+4 Lebaran dengan total kendaraan yang mana melintas berjumlah 163.000 kendaraan.

Dia melanjutkan perkembangan trafik tertinggi terdapat pada Ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Lima Puluh dengan persentase peningkatan 129% dibandingkan dengan VLL Normal. Sementara ruas dengan trafik tertinggi yaitu Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung dengan total VLL berjumlah lebih besar dari 411.000 kendaraan.

“Antusias pengguna jalan tol juga nampak di ruas fungsional, yaitu Tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran pada 4-21 April lalu Bangkinang-XIII Koto Kampar pada 5-17 April dengan lebih tinggi dari 160.000 kendaraan yang digunakan melintas,” ujar Adjib.

Mendukung kelancaran pelayanan mudik lebaran tersebut, pihaknya menyusun beraneka strategi komprehensif. Terkait operasi menerapkan sistem holding kendaraan ke rest area untuk mengurai antrean, melakukan pembatasan kendaraan golongan III yang tersebut masuk ke gerbang tol, juga melakukan penambahan alat mobile reader serta top-up asongan guna mempercepat kegiatan di gerbang tol.

Dari evaluasi pelayanan selama momen mudik Lebaran 2024, Hutama Karya menemukan trafik kendaraan yang mana melintas pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H terbilang lebih besar membesar dibandingkan sebelum lebaran. Hal itu diperkirakan lantaran banyaknya keluarga yang mana menunda mudik serta memilih untuk melakukan perjalanan setelahnya lebaran, terbukti dari tingginya lonjakan pada 11 April 2024 atau H+1 Lebaran sebanyak-banyaknya 141.347 kendaraan atau meningkat 141% dibandingkan VLL normal.

Selain itu, sejumlah pengguna jalan tol yang mana memanfaatkan momen libur ini untuk berkunjung ke tempat wisata atau kuliner, dapat dilihat dari tingginya peningkatan pada Tol Indrapura-Kisaran yang digunakan merupakan akses wisata bagi pengguna jalan tol dari arah Medan menuju ke area Kisaran.

“Selama momen mudik Lebaran, kami juga mengoperasikan banyaknya 6 rest area secara fungsional ke Tol Indrapura- Kisaran, Binjai-Langsa dan juga Pekanbaru – Bangkinang dengan pengunjung yang mana selalu padat tiap harinya,” jelas dia.

Artikel ini disadur dari 2,1 Juta Kendaraan Lewati Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024