Internasional

5 Bom ISIS Ditemukan pada Masjid Ikonik Irak

12
×

5 Bom ISIS Ditemukan pada Masjid Ikonik Irak

Sebarkan artikel ini
5 Bom ISIS Ditemukan pada Masjid Ikonik Irak

Jakarta

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan pihaknya menemukan lima bom di dalam dinding masjid Al-Nuri yang digunakan ikonik dalam kota Mosul, Irak. Bom-bom yang digunakan ditanam beberapa tahun berikutnya oleh kelompok ISIS yang dimaksud ditemukan selama pekerjaan restorasi di dalam kota Irak utara tersebut.

“Lima alat peledak berskala besar, yang dimaksud dirancang untuk mengakibatkan kehancuran besar-besaran di web yang disebutkan ditemukan di dinding selatan ruang salat pada hari Selasa oleh kelompok UNESCO yang digunakan bekerja di dalam posisi tersebut,” kata pribadi perwakilan badan kebudayaan PBB yang disebutkan kepada AFP pada hari terakhir pekan (28/6) malam, seperti dilansir AFP, Hari Sabtu (29/6/2024).

Masjid Al-Nuri dalam Mosul juga menara miring dalam dekatnya yang dijuluki Al-Hadba atau “si bungkuk”, yang digunakan dibangun pada abad ke-12, hancur di pertempuran untuk merebut kembali kota yang disebutkan dari ISIS.

Militer Irak menuduh ISIS, yang mana menduduki kota itu selama tiga tahun, memasang bahan-bahan peledak di dalam posisi yang dimaksud serta meledakkannya.

UNESCO sudah berupaya memulihkan web yang dimaksud serta warisan arsitektur lainnya di kota tersebut, yang tersebut sebagian besar menjadi puing-puing pada pertempuran untuk merebut kembali kota yang dimaksud pada tahun 2017.

ADVERTISEMENT

“Angkatan bersenjata Irak segera mengamankan wilayah yang dimaksud kemudian situasi pada masa kini sepenuhnya terkendali,” tambah UNESCO.

Satu bom telah dilakukan diamankan, namun empat lainnya “masih terhubung satu identik lain” juga diperkirakan akan diamankan di beberapa hari mendatang, kata UNESCO.

“Alat peledak ini disembunyikan pada di tembok, yang digunakan secara khusus dibangun kembali ke sekelilingnya: ini menjelaskan mengapa alat yang dimaksud bukan dapat ditemukan di mana tempat kejadian yang disebutkan dibersihkan oleh pasukan Irak” pada tahun 2020, kata badan tersebut.

Dari Masjid Al-Nuri-lah, Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin ISIS pada waktu itu, memproklamirkan berdirinya “kekhalifahan” kelompok yang dimaksud pada Juli 2014.

ISIS pada waktu itu mengambil alih sebagian besar wilayah di Irak juga negara tetangga Suriah yang mereka itu kuasai dengan brutal.

Pasukan Irak yang digunakan didukung oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat mengusir ISIS dari Mosul pada tahun 2017.

Artikel ini disadur dari 5 Bom ISIS Ditemukan di Masjid Ikonik Irak