Teknologi

Cara Menambahkan Kata Sandi pada File Excel

Nadineworldwide.com – Penggunawan mampu menambahkan kata sandi dalam file Excel untuk memberikan pemeliharaan tambahan. Kata sandi atau password pada Microsoft Excel akan mengurangi orang lain membuka file tersebut.

Excel pada waktu ini digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemilik perusahaan hingga lembaga pemerintah. Cara terbaik untuk menjaga keamanan informasi pada dokumen Excel adalah dengan melindunginya menggunakan kata sandi.

Berikut ini cara menambahkan kata sandi di area file Excel:

  • Di Excel, menerbitkan dokumen yang tersebut ingin diamankan dengan kata sandi.
  • Klik File, pilih Info.
  • Selanjutnya, klik tombol Protect workbook. Dari menu yang mana muncul, pilih Encrypt with password.
  • Excel kemudian akan memohonkan pengguna mengetikkan kata sandi. Pilih salah satu yang dimaksud rumit lalu unik serta catat di tempat pengelola kata sandi.
  • Sangat penting bagi pengguna untuk mengingatnya atau memiliki akses ke salinannya pada lokasi yang aman oleh sebab itu jikalau pengguna lupa, maka pengguna akan kehilangan akses ke file Excel kemudian memulihkannya akan menjadi rumit.
  • Setelah itu, setiap kali pengguna mencoba membuka file itu, Excel akan memohonkan pengguna memasukkan kata sandi yang dimaksud baru dipilih.
  • Perhatikan bahwa kata sandi ini hanya sekali melindungi dokumen individual tersebut, tak semua dokumen Excel dalam PC.
  • Jika pengguna ingin mengamati apakah file Excel mempunyai proteksi kata sandi atau tidak, periksa tab Info untuk dokumen yang dimaksud serta lihat bagian Protect workbook.
Ilustrasi belajar bersatu Microsoft Excel (Unsplash/Windows)
Ilustrasi Microsoft Excel (Unsplash/Windows)

Setelah pengguna melindungi file paling penting dengan kata sandi, kemungkinan besar ada baiknya mempertimbangkan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke sistem.

Cara termudah untuk melindungi sebagian besar dokumen adalah dengan mengenkripsinya. Untungnya, inisiatif enkripsi tak sulit ditemukan.

Pengguna Windows 10 Professional mempunyai utilitas enkripsi bawaan yang dimaksud disebut BitLocker. Namun, jikalau pengguna ingin mengunduh versi gratis dengan opsi penyesuaian untuk berbagai jenis data, pengguna dapat mencoba VeraCrypt.

Itulah cara untuk menambahkan kata sandi di area file Excel.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button