Internasional

Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju dalam Pilgub Jabar atau Ibukota

8
×

Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju dalam Pilgub Jabar atau Ibukota

Sebarkan artikel ini
Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar atau Ibukota

JAKARTA – Partai Gerindra mengawaitu tindakan Partai Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil (RK) forward dalam Pemilihan Pengurus (Pilgub) Ibukota Indonesia atau Jawa Barat (Jabar). Hal itu dilontarkan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespons sikap Golkar yang digunakan berada dalam menanti langkah RK akan diusung pada pemilihan gubernur 2024.

Dasco menyebut, wacana RK progresif di Pilgub DKI Jakarta sudah pernah mencuat sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, kata Dasco, Partai Golkar juga mengupayakan wacana RK untuk progresif di Pilgub Jakarta. Atas dasar itu, kata Dasco, Gerindra turut membantu RK dengan Golkar ke Pilgub Jakarta.

“Sehingga kami masih berpedoman pembicaraan pada pada waktu itu bahwa kami bersama-sama akan membantu Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI,” terang Dasco pada waktu ditemui ke kediaman Prabowo, Kertanegara IV, Ibukota Indonesia Selatan, Hari Jumat (7/6/2024).

Kendati demikian, kata Dasco, Partai Golkar mengevaluasi dukungan RK forward di dalam pemilihan kepala daerah 2024. Ia menilai, hal itu merupakan dari dinamisnya politik. Meski begitu, Dasco menegaskan, Gerindra akan mengantisipasi keputusa Golkar untuk membantu RK.

“Tentunya Partai Gerindra atau pun partai lainnya juga akan menanti hasil evaluasi tersebut, sebelum kemudian meng-fix-kan pencalonan yang tersebut akan dicalonkan secara bersama-sama pada DKI,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan partainya sudah pernah memberikan rekomendasi terhadap Ridwan Kamil untuk forward di pemilihan kepala daerah Ibukota Indonesia 2024.

“Soal posisinya Kang Emil itu sudah ada Gerindra mengambil keputusan serta diberikan rekomendasi untuk progresif di pemilihan kepala daerah DKI,” kata Dasco dalam Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Wakil Ketua DPR RI itu meyakini rekomendasi yang dimaksud serupa juga akan diberikan oleh Partai Golkar. Hal ini dikatakan ketika disinggung tentang rekomendasi ini berbeda dengan Golkar yang mana berada dalam memberikan tugas Ridwan Kamil untuk pemilihan kepala daerah Jawa Barat.

“Saya rasa bukan, bukanlah berbeda. Tetapi pasti akan sama, bahwa Ridwan Kamil akan direkomendasikan (Golkar) progresif di dalam DKI Jakarta,” ujarnya.

Merespon itu, Ketua DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily angkat bicara ihwal sikap Gerindra yang sudah pernah memberikan rekomendasi kepadaWakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) untuk progresif di dalam pemilihan gubernur Ibukota Indonesia 2024. Saat ini, pihaknya masih menanti tindakan partai.

Meski begitu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat itu akan mengkaji secara mendalam terkait rekomendasi dukungan Gerinda untuk RK di dalam Pilgub Jakarta.

“Kita mengawaitu tindakan partai, dan juga tentu berhadapan dengan bermacam pertimbangan ketum kami juga Tim pemilihan kepala daerah DPP Partai Golkar akan memikirkan atau mengkajinya secara mendalam terkait dengan rekomendasi tersebut,” kata Ace di dalam Kompleks Parlemen Senayan, Ibukota Pusat, Selasa (4/6/2024).

Artikel ini disadur dari Gerindra Tunggu Keputusan Golkar untuk Usung Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jabar atau Jakarta