Teknologi

Mengenal Tombol Capture ke iPhone Terbaru

9
×

Mengenal Tombol Capture ke iPhone Terbaru

Sebarkan artikel ini
Mengenal Tombol Capture ke iPhone Terbaru

JAKARTA – Spekulasi mengenai fasilitas tombol capture dalam seri iPhone Apple mulai terkuak. Apple akan segera menyematkan jenis tombol kapasitif alias non-fisik pada iPhone 16.

Sebelum peluncurannya, iPhone 15 Pro diprediksi akan mendapatkan tombol ukuran dan juga daya kapasitif. Namun, Apple dilaporkan membatalkan tindakan yang dimaksud sebab keterbatasan waktu. Muncullab rumor bahwa iPhone 16 kemungkinan besar akan menampilkan tombol kapasitif yang digunakan dikenal secara internal sebagai tombol Capture.

Informasi terbaru menunjukkan bahwa keempat tombol iPhone 16 – yaitu tombol Action, tombol Daya, kedua tombol volume, lalu tombol Capture yang mana misterius – pada semua modelnya akan berubah jadi kapasitif. Maka, Apple siap untuk meninggalkan tombol fisik tradisional sepenuhnya.

Melansir Tech Radar, Rabu (24/4/2024) mitra rantai pasokan Apple jangka panjang, Advanced Semiconductor Engineering (ASE) sudah mengungguli pesanan produksi besar untuk sebagian komponen iPhone 16 kapasitif. Nama kode internal Apple untuk perubahan kapasitif semua tombol iPhone 16, yaitu Project Bongo.

Sebelumnya, Project Atlas secara khusus merujuk pada perubahan fundamental kapasitif tombol Action. Perkembangan ini menunjukkan bahwa Apple akhirnya melakukan aksi maju dengan perpindahan penuh ke tombol solid-state.

Economic Daily mengklaim bahwa ASE diperkirakan akan memasuki fase pengiriman besar-besaran pada kuartal ketiga. Tetapi lini iPhone 16 diperkirakan akan diperkenalkan pada September 2024. Jadi kemungkinan informasinya masih belum valid.

Namun, hampir dipastikan bahwa iPhone 16 akan menampilkan beberapa jenis tombol kapasitif, tetapi belum sanggup meyakinkan bahwa setiap tombol akan berubah menjadi solid-state. Mungkin sekadar terjadi, mungkin saja juga tidak. Saat ini, semata-mata Apple yang mana tahu.

iPhone 16 selanjutnya akan dilengkapi dengan dua motor Taptic Engine yang dimaksud memberikan umpan balik getaran pada waktu tombol kapasitif apapun ditekan, mungkin saja mirip dengan tombol Home dalam iPhone SE (2022) atau trackpad di MacBook terbaik.

Sebelumnya, rumor mengisyaratkan motor Taptic Engine tunggal yang tersebut memperkuat tombol kapasitif iPhone, tetapi terlepas dari apakah itu satu atau dua, tampaknya tingkat umpan balik yang mana dipicu oleh tombol ini akan terasa familiar bagi penggemar Apple lama.

Artikel ini disadur dari Mengenal Tombol Capture di iPhone Terbaru