Ekonomi

Perkuat Digitalisasi Perbankan, OJK Tingkatkan Perlindungan Pelanggan

8
×

Perkuat Digitalisasi Perbankan, OJK Tingkatkan Perlindungan Pelanggan

Sebarkan artikel ini
Perkuat Digitalisasi Perbankan, OJK Tingkatkan Perlindungan Pelanggan

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengupayakan digitalisasi perbankan lalu meningkatkan kekuatan proteksi konsumen. Hal itu disampaikan Penasihat Deputi Komisioner Senior Direktorat Operasional Narasumber Daya Individu (SDM) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anto Prabowo yang baru hanya berhasil meraih penghargaan Doktor dari Inisiatif Doktor Bidang Studi Sektor Bisnis (PDIE) Fakultas Kondisi Keuangan dan juga Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Anto Prabowo berhasil mempertahankan disertasinya yang dimaksud berjudul ‘Kinerja Bank ke Nusantara pada Era Digitalisasi dan juga Perlindungan Pelanggan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling’.

Dia menyampaikan, pengamanan konsumen menguat sejak krisis 2008 juga digitalisasi pada sektor perbankan berubah menjadi suatu keniscayaan. Keduanya berjalan beriringan sehingga akan bermetamorfosis menjadi ketertarikan peneliti untuk mengawasi pengaruh keduanya serta hubungannya dengan ukuran perusahaan juga pengaruh kedua variabel yang dimaksud terhadap kinerja keuangan kemudian kinerja digital.

“Masih sangat terbatas penelitian yang dimaksud ada untuk mengawasi pengaruh antar variabel tersebut. Layanan perbankan digital melalui habitat lingkungan digital serta pelindung konsumen merupakan 2 isu strategi lapangan usaha perbankan di dekade terakhir. Namun sayangnya studi yang dimaksud secara komprehensif mengeksplorasi hubungan antara pelindung konsumen lalu biosfer biosfer masih sangat terbatas,” kata Anto Prabowo pada pernyataannya, Selasa (23/4/2024).

Sebab itu, pihaknya tertarik menimbulkan desertasi dengan judul ‘Kinerja Bank ke Negara Indonesia pada Era Digitalisasi lalu Perlindungan Pengguna dengan Pendekatan Structural Equation Modeling’. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh ukuran bank terhadap pengamanan konsumen lalu habitat lingkungan digital juga dampaknya terhadap kinerja keuangan kemudian kinerja digital pada lapangan usaha perbankan ke Indonesia.

“Penelitian ini diharapkan dapat mengisi bayangan baik secara teoritis maupun empiris pengaruh kompleks dari variabel-variabel di penelitian sehingga pertanyaan utama penelitian ini apakah terdapat pengaruh antara ukuran perusahaan terhadap pelindungan lalu biosfer orkestrasi digital lalu pengaruh keduanya terhadap kinerja keuangan lalu kinerja digital, diantaranya hubungan dua arah antara kedua kinerja disampaikan,” imbuh Anto Prabowo.

Studi ini mengkaji pengaruh ukuran bank terhadap proteksi konsumen dan juga habitat lingkungan digital dan juga dampaknya terhadap kinerja keuangan dan juga kinerja digital pada persoalan hukum bank umum ke Negara Indonesia dengan menggunakan metode Structural Equations Modeling (SEM).

Studi empiris menggunakan pendekatan kuantitatif ini memperoleh beberapa kesimpulan penting. Pertama, ukuran bank memiliki efek positif yang digunakan sangat kuat kemudian signifikan terhadap pengamanan konsumen juga ekosistem sistem ekologi digital. Kedua, proteksi konsumen tak memiliki pengaruh positif atau pengaruh negatif yang tersebut signifikan terhadap lingkungan biosfer digital.

Baca Juga: OJK Beberkan Ketahanan Lembaga Keuangan ke Tengah Guncangan aspek geopolitik Global

Ketiga, pemeliharaan konsumen miliki efek positif dan juga signifikan terhadap kinerja keuangan serta kinerja digital. Keempat, lingkungan lingkungan digital tidaklah miliki pengaruh positif yang tersebut sangat kuat kemudian signifikan terhadap kinerja keuangan, namun ekosistem ekosistem digital miliki efek positif yang digunakan sangat kuat lalu signifikan terhadap kinerja digital.

Kelima, kinerja keuangan mempunyai efek positif yang digunakan sangat kecil dan juga tidaklah signifikan terhadap kinerja digital. Performa digital memiliki efek yang tersebut positif lalu relatif besar terhadap kinerja keuangan, namun masih belum signifikan. Kesimpulan keenam, ukuran bank memiliki pengaruh positif tiada secara langsung yang dimaksud signifikan secara statistik terhadap kinerja keuangan juga kinerja digital melalui variabel mediasi proteksi konsumen serta ekosistem ekosistem digital.

Artikel ini disadur dari Perkuat Digitalisasi Perbankan, OJK Tingkatkan Perlindungan Konsumen