Internasional

Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang tersebut Memarahi Mendikbudristek Nadiem Makarim

6
×

Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang tersebut Memarahi Mendikbudristek Nadiem Makarim

Sebarkan artikel ini
Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang tersebut yang dimaksud Memarahi Mendikbudristek Nadiem Makarim

JAKARTA – Sosok Anita Jacoba Gah menantang perhatian rakyat baru-baru ini. Anggota Komisi X DPR RI itu menyebar oleh sebab itu memarahi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, kemudian Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim .

Kejadian itu muncul pada Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Kemeanitandikbudristek pada Kamis (6/6/2024). Pada salah satu penuturannya, Anita mengumumkan pejabat Kemendikbudristek tiada baik di mengatur anggaran. Ia bahkan memohonkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan memeriksanya.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Anita Jacoba Gah ini? Berikut ini ulasan profilnya.

Profil Anita Jacoba Gah

Anita Jacoba Gah merupakan salah individu politikus Indonesia. Saat ini, ia diketahui bermetamorfosis menjadi anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Pada riwayatnya, Anita lahir ke Jakarta, 9 Maret 1974. Artinya, ia telah memasuki usia ke-50 tahun.

Mengutip laman DPR RI, Anita memulai pendidikannya ke SD Negeri 1 Bonipoi (1981-1988). Setelahnya, ia lanjut ke SMP Negeri 1 Kupang (1988-1991) kemudian SMA Negeri 46 Ibukota (1991-1994).

Kemudian, Anita melanjutkan studi Sekolah Tinggi Teologi Ibukota Indonesia lalu mengambil studi D3 Musik Gereja (1994-1997). Belum selesai, ia kembali melanjutkan pendidikannya dalam STIE Nasional Negara Indonesia bidang kegiatan ekonomi pada 2005-2008.

Beralih ke catatan kariernya, Anita memulai perjalanan kebijakan pemerintah sebagai anggota DPR-RI mewakili tempat pemilihan Nusa Tenggara Timur II. Ia terpilih pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2009.

Selain itu, Anita juga tercatat memiliki beberapa riwayat pekerjanan lain. Di antaranya seperti pengurus Pergerakan Pemuda pada OPIB Effatha, pengajar Musik & Vokal di dalam Sanggar Ananda Jakarta, pengajar pada Persekutuan Taruna ke OPIB Effatha hingga pengajar Paduan Suara Wanita ke OPIB Effatha.

Berdasarkan data e-LHKPN KPK, total harta kekayaan Anita Jacoba Gah yang digunakan tercatat hingga 31 April 2020 dilaporkan bernilai Rp358.000.000. Sementara untuk laporan terbaru, datanya belum ditemukan.

Demikian ulasan mengenai profil Anita Jacoba Gah, anggota DPR RI yang dimaksud ‘semprot’ Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Artikel ini disadur dari Profil Anita Jacoba Gah, Anggota DPR yang Memarahi Mendikbudristek Nadiem Makarim