Ekonomi

Siap-siap! Harga MinyaKita Bakal Naik Bisa Jadi Mata Uang Rupiah 15.000/Liter

15
×

Siap-siap! Harga MinyaKita Bakal Naik Bisa Jadi Mata Uang Rupiah 15.000/Liter

Sebarkan artikel ini
Siap-siap! Harga MinyaKita Bakal Naik Bisa Jadi Mata Uang Rupiah 15.000/Liter

Nadineworldwide.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) berada dalam mempertimbangkan untuk meningkatkan harga jual minyak goreng curah milik pemerintah atau MinyaKita. Hal ini setelah, pihaknya akan datang melakukan evaluasi terkait harga jual MinyaKita pada Februari 2024.

Sebagai informasi, tarif MinyaKita di tempat pasaran juga di dalam tangan konsumen sebesar Mata Uang Rupiah 14.000/liter.

“Minyakita, harganya bulan depan kita evaluasi lantaran sudah ada hampir setahun setengah, tentu kita evaluasi bulan Februari akhir,” ucapannya pada konferensi pers dalam Kantor Kementerian Perdagangan yang mana dikutipkan hari terakhir pekan (5/1/2024).

Namun demikian, Mendag Zulhas bukan merinci apakah evaluasi itu masih atau naik, tergantung dari pantauan dalam lapangan. Setidaknya, apabila naik harganya tidak ada terpencil dibandingkan nilai tukar awal.

“Apakah harus tetap saja Simbol Rupiah 14.000 (per liter) atau disesuaikan menjadi Mata Uang Rupiah 15.000,” lanjutnya.

Sebelumnya, Mendag Zulhas mengatakan, pada waktu ini pihak terkait masih mendiskusikan terkait kebijakan tarif minyak goreng MinyaKita naik tersebut.

Namun demikian, ia menyebut, walaupun HET Minyakita ketika ini adalah Rp14 ribu per liter, tindakan akhir akan mempertimbangkan perkembangan kenaikan harga serta perlu diadakan rapat terlebih dahulu.

Ia menambahkan bahwa pihak Kemendag akan masih mentoleransi transaksi jual beli Minyakita dengan tarif Rp14.500 per liter jikalau terjadi.

“Masih ditolerir sepanjang tidak ada terlalu tinggi,” kata dia.

(Sumber: Suara.com)