Teknologi

Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi

9
×

Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi

JAKARTA – Super app Ina Digital akan segera dirilis tak lama lagi. Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi lalu Informatika (Kominfo) Budi Arie usai melakukan penghadapan dengan Mantan Utama Menteri Inggris, Tony Blair, Hari Jumat (19/4/2024).

Dalam paparannya, Menkominfo mengumumkan super app Ina Digital akan dirilis beberapa bulan lagi, setelahnya berkordinasi dengan beberapa kementerian juga lembaga. Ia menyampaikan nantinya peresmian akan lakukan oleh Presiden Joko Widodo. “Mudah mudahan Mei-Juni lah, dua bulan, tiga bulan ke depan,” tuturnya.

Dia menjelaskan nantinya akan ada 9 super app yang mana akan diresmikan untuk mengurus 9 isu prioritas. Di antaranya tentang layanan sekolah terintegrasi, layanan kebugaran terintegrasi, layanan bantuan sosial terintegrasi, juga layanan kepolisian terintegrasi.

“Jadi 9 super app yang digunakan mengurus 9 isu prioritas menyangkut rakyat. Kesehatan, pendidikan, transportasi, sim, bansos, dll. Pokoknya ada 9 isu prioritas,” ujarnya.

Menkominfo menambahkan, pihaknya sudah pernah belajar banyak dari negara lain untuk bisa jadi menghadirkan super app ini. Digadang-gadang super app nantinya akan menghadirkan lompatan besar jika dibandingkan dengan super app yang mana sebelumnya dipelajari.

“Kita melompat dari sebuah proses. Misal Estonia dulu pelan-pelan, kita kalau udah sanggup lompat ya lompat aja. Hemat waktu jadi sanggup lebih tinggi cepat. Kalau kita belajar itu, belajar pengalaman dari negara lain itu mereka kelas 1-12, sementara kita lebih banyak advance lagi enggak diperlukan mengikuti mereka dari awal lantaran kita sudah ada cukup belajar,” katanya.

Artikel ini disadur dari Super App Ina Digital Segera Diluncurkan, Diresmikan Presiden Jokowi