Ekonomi

Top! Dua Direktur Bank Mandiri Hal ini Berhasil Raih Apresiasi Bergengsi Sepanjang Tahun 2023

27
×

Top! Dua Direktur Bank Mandiri Hal ini Berhasil Raih Apresiasi Bergengsi Sepanjang Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Top! Dua Direktur Bank Mandiri Hal ini Berhasil Raih Apresiasi Bergengsi Sepanjang Tahun 2023

Nadineworldwide.com – Sepanjang tahun 2023, Bank Mandiri memperoleh ragam apresiasi dan juga pengakuan dari berbagai institusi menghadapi keberhasilan pada menjalankan pengembangan kegiatan bisnis yang positif lewat rangkaian strategi serta metamorfosis berkelanjutan.

Salah satunya penghargaan TOP BUMN Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia terhadap dua Direktur BUMN.

Antara lain, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memperoleh apresiasi The Best CEO: Excellent In Strategic Leadership dan juga Direktur Keuangan juga Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo sebagai The Best CFO: Excellent In Finance Transformation.

TOP BUMN Awards 2023 merupakan acara yang mana dijalankan Bisnis Indonesia Group sebagai bentuk apresiasi terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun ini, kompetisi TOP BUMN Awards mengambil tajuk Competitiveness, Innovation, and Prosperity.

Adapun, apresiasi yang dimaksud dinilai berdasarkan kinerja, gagasan, invoasi, juga metamorfosis kegiatan bisnis perusahaan, khususnya dalam berada dalam situasi sektor ekonomi global kemudian domestik yang tersebut dinamis. Darmawan Junaidi, telah lama menahkodai Bank Mandiri sejak Oktober 2020, setelahnya ditunjuk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Lewat kepemimpinannya, Darmawan sudah berhasil mengakibatkan Bank Mandiri mencapai pertumbuhan yang tersebut signifikan. Gambaran saja, bila merujuk laporan keuangan bulanan Bank Mandiri pada November 2023 secara bank only, perseroan telah dilakukan mampu mencetak peningkatan kredit sebesar 13,65% secara year on year (YoY) menjadi Mata Uang Rupiah 1.046,05 triliun.

Pertumbuhan kredit ini juga disertai dengan peningkatan dana pihak ketiga (DPK) yang dimaksud meningkat 6,06% YoY menjadi Simbol Rupiah 1.125,05 triliun. Salah satu katalis perkembangan DPK ini didorong oleh kenaikan dari sisi dana diskon (Current Account Saving Acccount/CASA) yang dimaksud naik 8,69% YoY hingga menyentuh Rupiah 867,37 triliun.

Kinerja yang meningkat positif ini, salah satunya diprakarsai oleh strategi Bank Mandiri yang dimaksud fokus pada penguatan sistem ekologi dan juga didukung oleh digitalisasi yang digunakan menyeluruh pada perusahaan perseroan. Berkat pencapaian ini, Darmawan Junaidi juga mendapat ragam penghargaan seperti Hermawan Kartajaya Prize sebagai Marketeer of the Year 2023, Top ketua eksekutif Indonesia Awards 2023 kategori The Best ketua eksekutif in the Largest Asset Bank in Indonesia dari IDN Financials juga CNBC Indonesia Awards 2023 sebagai Most Influential & Adaptive Financial Leader.

“Hal ini yang mana mengakibatkan Bank Mandiri untuk terus melakukan perubahan fundamental berkelanjutan lalu mempunyai peningkatan yang sustain dan dapat menyampaikan partisipasi terbaik untuk Indonesia,” ujar Darmawan di keterangan tertulisnya, Kamis (4/1).

Selain Darmawan, Sigit Prastowo yang mana juga memperoleh penghargaan sebagai The Best CFO: Excellent In finance Tranformation untuk kategori Finance Transformation dari Bisnis Indonesia juga punya andil besar pada percepatan pertumbuhan bidang usaha Bank Mandiri.

Sejak menjabat sebagai Direktur Keuangan di area tahun 2020, Bank Mandiri telah lama berhasil mencapai kinerja yang mana solid. Tercermin dari rasio keuangan yang mana Bank Mandiri secara bank only pada level optimal

Dari sisi profitabilitas, merujuk laporan keuangan September 2023 Bank Mandiri secara bank only mencatatkan Net Interest Margin (NIM) di tempat level 5,35%, sikap ini naik 23 basis poin (bps) jika dibandingkan setahun sebelumnya. Kemudian Return on Asset (ROA) lalu Return on Equity (ROE) masing-masing menembus level 3,85% serta 26,34%, naik signifikan jika dibandingkan setahun sebelumnya.

Tak cuma itu, lewat penajaman perubahan digital, bank berlogo pita emas mampu menekan rasio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) ke level 52,92% atau turun 267 bps secara YoY. Disusul Cost to Income Ratio (CIR) Bank Mandiri per September 2023 sudah pernah turun 188 bps secara tahunan ke level 33,94%.

Keberhasilan strategi Bank Mandiri ini pun mendapat pengakuan tak belaka dari di negeri, namun internasional. Salah satunya peringkat World’s Best Bank versi Forbes 2023 sebagai Bank BUMN Nomor 1 pada Indonesia, Indonesia’s Best Bank pada perheletan Euromoney Awards for Excellence 2023 juga Asiamoney Award 2023 sebagai Best Bank for Digital Solution in Indonesia.

Sigit mengatakan, selaras dengan pertumbuhan kegiatan ekonomi yang digunakan positif, pihaknya optimis kinerja Bank Mandiri akan terus tumbuh. “Lewat pemetaan bidang usaha yang dimaksud tepat, kami yakin Bank Mandiri akan terus berkembang lalu berkem­bang menjadi bank yang mana unggul kemudian berdaya saing pada tingkat regional maupun global,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)