Nasional

Deretan Insiden dalam Jepun Awal Tahun 2024, Gempa hingga Tabrakan Pesawat

14
×

Deretan Insiden dalam Jepun Awal Tahun 2024, Gempa hingga Tabrakan Pesawat

Sebarkan artikel ini
Deretan Insiden pada Jepun Awal Tahun 2024, Gempa hingga Tabrakan Pesawat

Nadineworldwide.com – Dalam dua hari pertama tahun 2024, Negeri Sakura diguncang dengan kejadian luar biasa sehingga memproduksi warga sekitar di keadaan darurat. Bencana alam gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,6 mengguncang kawasan pantai Laut Negeri Matahari Terbit hingga menyebabkan tsunami.

Ratusan rumah warga hancur kemudian rata dengan tanah, begitu pula dengan jalanan yang mana retak hingga banyak korban tewas di tempat beberapa daerah.

Kasus gempa bumi di area Negeri Matahari Terbit ini juga sempat menghasilkan transportasi umum lumpuh juga banyak warga setempat kehilangan kontak dengan keluarga. pemerintahan Negeri Matahari Terbit pun juga sudah ada mengeluarkan peringatan keras dini melawan prospek tsunami dengan perkiraan gelombang hingga 5 meter.

Tak belaka itu, Negeri Matahari Terbit pun juga dilanda kejadian tragis lainnya. Lalu, apa cuma kejadian luar biasa dalam Jepun yang digunakan terjadi di dalam awal tahun 2024 ini? Simak inilah selengkapnya.

1. Gempa bumi

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,6 terjadi pada kawasan pantai Laut Jepangn tepatnya di dalam prefektur Ishikawa dan juga Toyama pada Mulai Pekan (1/1/2024) sekitar pukul 16.10 waktu setempat. Gempa bumi yang berpusat dengan jarak 10 mil atau 42 kilometer dari timur laut Anamizu pada prefektur Ishikawa ini pun terjadi selama kurang lebih lanjut 1 menit.

Meskipun negara Negeri Sakura menjadi salah satu negara dengan mitigasi gempa bumi tercanggih di area dunia, namun hal ini tidak ada menghasilkan Negeri Sakura bebas dari kejadian runtuhnya bangunan ataupun retaknya jalanan.

Beberapa kali gempa susulan terjadi namun tiada sekuat gempa pertama. Bencana ini menewaskan 62 orang di area area Ishikawa. pemerintahan Negeri Sakura hingga pada saat ini masih mengevakuasi warga yang terjebak dalam wilayah sekitar Ishikawa lalu Toyama sebab aliran listrik kemudian telekomunikasi sempat terputus selama 1 hari.

2. Tsunami landa pesisir pantai

Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,6 yang dimaksud berpotensi tsunami. Peringatan dini sudah ada digaungkan oleh eksekutif Jepun untuk penduduk sekitar untuk berlindung ke tempat yang dimaksud aman. Gelombang tsunami sebesar 1,2 meter pun menyapu bagian pesisir pantai Laut Jepang.

Gelombang susulan terjadi selama beberapa menit setinggi 50 cm. Meskipun gelombang tsunami tak sampai menyapu kota, namun beberapa warga yang mana tinggal di dalam pesisir laut terlibat terdampak air tsunami yang tersebut masuk ke rumah mereka.

3. Pesawat Japan Airlines tabrak pesawat penjaga pantai

Kejadian luar biasa juga terjadi dalam Bandara Haneda, Negeri Sakura pada waktu pesawat milik maskapai Japan Airlines, Airbus A350-900 menabrak pesawat penjaga pantai yang akan lepas landas dari Bandara Haneda menuju tempat Ishikawa dengan menyebabkan logistik bantuan terhadap korban gempa di area sana.

Kejadian ini bermula ketika pesawat Japan Airlines akan mendarat di area landasan pacu Bandara Haneda pada Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 17.47. Namun, sang pilot yang mana diduga tidak ada mengamati adanya pesawat kecil dengan 5 awak ini di tempat dekat landasan mereka. Japan Airlines lalu mendadak menabrak pesawat bantuan korban gempa yang dimaksud lalu menyebabkan ledakan.

Kejadian ini terekam kamera para penumpang yang digunakan berada dalam bandara maupun dalam di pesawat. Kejadian kecelakaan pesawat ini dengan segera ditangani pihak SAR Negeri Sakura juga pihak kepolisian untuk diselidiki. 5 awak pesawat penjaga pantai tersebut  dinyatakan tewas.

Kontributor : Dea Nabila

(Sumber: Suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *